Alasan Pelita Jaya Datangkan Dua Pemain Asing Anyar

Penulis: Senja Hanan
Rabu 20 Mar 2024, 21:28 WIB
Alasan Pelita Jaya Datangkan Dua Pemain Asing Anyar

Alasan Pelita Jaya Datangkan Dua Pemain Asing Anyar

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Pelita Jaya Jakarta mendatangkan dua pemain asing yaitu JaQuori McLaughlin dan Justin Donta Brownlee untuk memperkuat skuat jelang ajang Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Johannis Winar angkat bicara alasan Pelita Jaya.

McLaughlin bisa bermain sebagai point guard (PG) dan shooting guard (SG), sementara Brownlee bisa menambah kedalaman skuad dari posisi small forward (SF) dan power forward (PF).

"BCL Asia ini kompetisi level tinggi. Perlu pemain dengan skill kompetisi yang terbiasa level internasional," kata Johannis yang kerap disapa Ahang, beberkan alasan Pelita Jaya.

Alasan lainnya, dia membeberkan, Brownlee juga bisa membantu Muhammad Reza Fahdani Guntara selaku Defensive Player of the Year dan MVP Final IBL 2023 yang baru didatangkan Pelita pada awal musim 2024.

"Berdasarkan pengalaman main di level internasional, ukuran tinggi menjadi faktor penting, jadi kami bisa memperkuat pertahanan. Ibaratnya harus dapat bola dulu, baru kami serang," ujar Ahang.

Dengan adanya Brownlee, posisi asli Reza yang di PF bisa gonta-ganti ke posisi SF, sesuai kebutuhan saat pertandingan. Ahang menyatakan, klub juga berfokus pada strategi untuk mengatur pemulihan (recovery) fisik dan mental pemain yang lebih terukur, karena akan memakan banyak energi saat mengikuti pertandingan di BCL Asia, sekaligus mengarungi kompetisi dalam Indonesian Basketball League (IBL) musim ini.

Ahang menambahkan, untuk membagi fokus antara BCL Asia dan IBL, tim kepelatihan juga telah mulai memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi di BCL, sehingga bisa menurunkan pemain dengan efektif sesuai kebutuhan.

Khusus untuk Brownlee, pemain berdarah Amerika Serikat-Filipina itu bisa bermain di IBL, karena dia menggantikan slot pemain asing yang telah meninggalkan klub, yaitu Malachi Lewis Richardson.

Sedangkan McLaughlin hanya bisa bermain dalam kompetisi BCL Asia pada tahun ini. Pelita Jaya Jakarta memboyong mantan pemain NBA, JaQuori McLaughlin, yang pernah bermain untuk tim Dallas Mavericks pada musim 2021-2022 dan Justin Donta Brownlee guna memperkuat skuad dalam Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

Brownlee merupakan pemain naturalisasi milik Filipina yang telah malang melintang bermain di Klub Barangay Ginebra San Miguel yang berkompetisi di Philippine Basketball Association (PBA). Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta.

Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta. Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024. Dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.

Artikel Tag: Pelita Jaya Jakarta, BCL 2024, Johannis Winar

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/alasan-pelita-jaya-datangkan-dua-pemain-asing-anyar
280  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini