Zhang Jun Beberkan Rahasia China Pertahankan Gelar Piala Sudirman

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 06 Okt 2021, 15:15 WIB
Zhang Jun Beberkan Rahasia China Pertahankan Gelar Piala Sudirman

Zhang Jun/[Foto:SinaSports]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Zhang Jun, presiden Asosiasi Bulu Tangkis China yang juga menjabat sebagai posisi pelatih kepala sektor ganda, memuji anak asuhnya karena menunjukkan kekuatan dan mental mereka setelah memenangkan kejuaraan beregu campuran paling bergengsi Piala Sudirman yang ke-12 kalinya pada pekan lalu di Vantaa Finlandia. 

Kesuksesan China di Piala Sudirman datang hanya dua bulan setelah Olimpiade, menganggap bahwa mereka lebih sukses daripada negara lain karena mereka masuk final semua kategori. Meski hanya meraih 2 medali emas, ini merupakan pencapaian dan langkah lain untuk menunjukkan potensi pebulu tangkis muda China.

“Pemain selalu haus akan kesuksesan. Saat Anda melangkah keluar ke lapangan Anda akan mulai dari awal lagi. Anda tidak dapat mengandalkan kesuksesan masa lalu. Saya mengerti bahwa para pemain kelelahan setelah Olimpiade dan Pertandingan Nasional. Yang harus kami lakukan adalah memotivasi setiap atlet ketika mereka berada di lapangan. Pelatih kami telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam memotivasi mereka.”

Salah satu atlet yang harus diwaspadai adalah He Ji Ting dan Zhou Hao Dong yang berlaga di ganda putra dan pertandingan pertama di final, Zhang Jun memuji upaya para atlet muda dalam mempertahankan kejuaraan mereka.

Sebelum hari terakhir, pekerjaan rumah yang harus diputuskan oleh tim pelatih adalah apakah akan memilih atlet berpengalaman atau para pemain muda. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk mempercayai bakat pemain muda di tim. 

“Kami tahu Jepang adalah tim yang kuat. Mereka memiliki pemain berkualitas tinggi di setiap pertandingan. Kami siap untuk bermain di final bersama mereka lagi. dalam rapat tim kami telah mendiskusikan apakah kami ingin mereka bermain dalam dua jenis permainan. Tapi kemudian kami memutuskan Lebih baik tidak melakukan itu karena akan ada pertandingan panjang dengan pemain Jepang dan itu akan sangat berat,” ungkap Zhang Jun.

Untuk datang ke Piala Sudirman setelah Olimpiade Tokyo 2020 dan Pesta Olahraga Nasional China, tim nasional China kekurangan pemain terbaik yakni dari sektor ganda putra, Li Jun Hui dan Liu Yu Chen, sehingga mengalami performa buruk saat menghadapi Thailand dan Denmark. 

Tapi saat final, para pelatih China yakin bahwa para pemain muda dapat menerima misi tersebut, karena semua orang percaya pada kemampuan mereka untuk menghadapi tekanan. 

“Sudah lama sejak kami berpartisipasi dalam kompetisi besar, para pemain kami dilatih dengan keras dan untuk itu kami berfikir pemain muda perlu berpartisipasi dalam turnamen yang berbeda untuk meningkatkan pengalaman mereka, dan mereka bisa melakukannya," beber Zhang Jun. 

Artikel Tag: Zhang Jun, China, Piala Sudirman 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/zhang-jun-beberkan-rahasia-china-pertahankan-gelar-piala-sudirman
840  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini