Waduh! BWF World Tour Finals dan China Open Terancam Batal

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 10 Jul 2020, 17:30 WIB
Waduh! BWF World Tour Finals dan China Open Terancam Batal

Podium Tunggal Putra BWF World Tour Finals 2019/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) yang berencana untuk memulai kembali turnamen internasional, mengalami kemunduran besar ketika China mengumumkan pembatalan semua acara olahraga yang tersisa kecuali uji coba Olimpiade Musim Dingin tahun ini.

Dengan pengumuman ini , BWF World Tour Finals di akhir tahun yang dijadwalkan akan diadakan di Guangzhou mulai 16 Desember kemungkinan akan dibatalkan.

Dengan tidak berhenti dalam situasi pandemi dan dengan banyak turnamen dibatalkan dari minggu demi minggu, ada kekhawatiran yang berkembang tentang dimulainya kembali kalender bulu tangkis tahun ini.

Menemukan tempat alternatif untuk menjadi tuan rumah World Tour Finals ketika dunia bergulat dengan Covid-19 bukanlah tugas yang mudah bagi BWF. Selain itu, World Tour Finals adalah kejuaraan dengan bayaran tertinggi dengan hadiah uang sebesar $ 1500.000 atau berkisar 22 miliar rupiah.

Sebelumnya, kota Dubai digunakan untuk menjadi tuan rumah World Tour Finals sebelum dipindahkan ke China. Tidak ada negara lain yang ingin menjadi tuan rumah acara yang mahal itu pada saat sponsor enggan untuk maju.

Meskipun BWF belum membuat pengumuman resmi, lebih atau kurang jelas bahwa World Tour Finals, salah satu kejuaraan paling bergengsi dari kalender bulu tangkis, mungkin tidak diadakan tahun ini.

Tidak hanya World Tour Finals, bahkan turnamen China Open Super 1000, yang akan diadakan di Changzhou pada 15 September, dan Fuzhou China Open Super 750 yang dijadwalkan pada 3 November juga terancam dibatalkan.

China Open Super 1000 menawarkan hadiah uang sebesar $ 1100.000 atau berkisar 16 miliar rupiah, sementara uang hadiah turnamen Fuzhou China Open Super 750 memperebutkan hadiah total $ 750.000 atau berkisar 11 miliar rupiah.

Setelah kalender internasional ditangguhkan pada 15 Maret lalu pasca All England, karena mewabahnya pandemi Covid-19, BWF ingin menghidupkannya kembali kompetisi dengan turnamen Hyderabad Open Super 100 pada bulan Agustus.

Beberapa hari setelah mengumumkan kalender yang dirubah, badan dunia menerima kemunduran karena penyelenggara Hyderabad Open enggan menjadi tuan rumah acara tersebut, yang memaksa BWF untuk membatalkannya.

Artikel Tag: BWF World Tour Finals, BWF, China Open 2020, Pandemi Covid-19, Fuzhou China Open 2020

543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini