Terlalu Banyak Kesalahan Yang Membuat Lee Zii Jia Kalah Dari Pemain India

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 20 Jan 2021, 15:30 WIB
Terlalu Banyak Kesalahan Yang Membuat Lee Zii Jia Kalah Dari Pemain India

Lee Zii Jia Saat Kalah Dari Sameer Verma/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Ketidakkonsistenan dan rasa puas diri dapat menggagalkan upaya pebulutangkis tunggal terbaik Malaysia, Lee Zii Jia untuk tampil bagus di Olimpiade Tokyo yang tinggal enam bulan lagi. Ini jelas terlihat dari kehancurannya di Toyota Thailand Open kemarin.

Meskipun itu adalah pengembalian kompetitif kedua pemain berusia 22 tahun itu setelah absen 10 bulan karena Covid-19, kurangnya konsistensi dan tekad pemain peringkat 10 dunia itu yang membuktikan kegagalannya dalam dua turnamen pertama musim ini.

Kemarin (19/1), dalam apa yang seharusnya menjadi "pertandingan yang dapat dimenangkan", Lee Zii Jia secara mengejutkan menyia-nyiakan keunggulan besar 17-6 dan tujuh match point di game kedua untuk kalah 21-18, 25-27 dan 19-21 dari pemain peringkat 31 dunia, Sameer Verma dari India.

Keluarnya Lee Zii Jia lebih awal bukan pertanda baik terutama ketika para penggemar mengharapkan lebih banyak darinya setelah gagal tampil mengesankan di Yonex Thailand Open pekan lalu. Meski melaju ke babak delapan besar, semifinalis All England tahun lalu itu dikalahkan oleh pemain nomor dua dunia, Chou Tien-chen dari Taiwan di tempat yang sama pekan lalu.

Zii Jia memiliki sedikit kata untuk ditawarkan atas kekalahannya yang "membuat frustrasi" dan mengakui bahwa cara dia membuang game kedua menjadi pelajaran yang menyakitkan.

“Sameer bermain lebih baik. Saya mencoba yang terbaik dan saya harus menerima kekalahan yang membuat frustrasi ini,” kata Zii Jia.

“Saya belajar banyak dari game kedua, itu adalah pelajaran besar bagi saya. Saya akan menganalisis dan meninjau kinerja saya dengan para pelatih. Saya harap saya bisa bangkit kembali," tambah Zii Jia.

Sementara itu, pelatih kepala Hendrawan menyimpulkannya dengan mengatakan Lee Zii Jia masih dalam proses.

“Kita harus mengakui bahwa penampilannya jauh dari yang terbaik,” kata pelatih Indonesia itu.

“Dia berjuang untuk mengatasi tekanan dan kadang-kadang, ragu-ragu dalam eksekusinya ... misalnya, dia dalam dua pikiran apakah akan reli atau pergi dalam mode menyerang."

“Kami harus mengevaluasi kembali permainannya dan membuat perubahan yang diperlukan karena permainannya dapat dengan mudah dibaca oleh sebagian besar lawan sekarang," Hendrawan menjelaskan.

Hasil buruk akan membuat Zii Jia berkeringat karena partisipasinya di World Tour Finals minggu depan terancam. Dia harus mempertahankan posisi kedelapan jika dia ingin melakukan debutnya di finals akhir musim.

Saingan terdekat seperti Anthony Ginting asal Indonesia yang berada di posisi ke-11, Kunlavut Vitidsarn dari Thailand (ke-12), Jonatan Christie dari Indonesia (ke-13), Lee Cheuk Yiu dari Hong Kong (ke-14) akan mencari peluang untuk menyalipnya.

Pasangan nomor 28 dunia Malaysia, Nur Izzudin Rumsani-Goh Sze Fei gagal melangkah lebih jauh di Toyota Thailand Open. Pasangan ini kalah 21-13, 13-21 dan 17-21 ke pasangan non unggulan asal Thailand, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren sehingga gagal mengikuti pertandingan perempat final yang layak minggu lalu.

Sze Fei berkata dia yang harus disalahkan atas kekalahan itu. “Penampilan saya sangat buruk. Saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan sangat baik,” katanya.

Tapi Izzuddin membela diri, mengungkapkan bahwa pasangannya bermasalah dengan masalah pergelangan kaki yang dideritanya minggu lalu.

“Sze Fei sedikit melukai pergelangan kakinya, jadi rotasi kami sedikit keluar. Tetap saja, itu bukan alasan untuk kekalahan."

Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi semuanya melaju ke babak 16 besar. Wakil Malaysia lainnya di babak kedua adalah Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie di ganda campuran.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Sameer Verma, Thailand Open

756  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini