Terkurung Selama Pandemi, Para Pemain Tak Sabar Untuk Segera Keluar Dari Isolasi

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 02 Jul 2020, 16:00 WIB
Terkurung Selama Pandemi, Para Pemain Tak Sabar Untuk Segera Keluar Dari Isolasi

Cheam June Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton : Satu bulan penuh pelatihan terisolasi mendorong Cheam June Wei merasa bosan. Pemain tim nasional berusia 23 tahun itu mengatakan dia tidak sabar untuk meninggalkan halaman Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) untuk mencari udara segar ketika program Road to Tokyo (RTT) 30 hari dilonggarkan mulai hari ini.

Juni Wei, bersama dengan 16 pemain lainnya, termasuk di antara angkatan pertama atlet Malaysia yang diberi izin oleh pemerintah untuk melanjutkan pelatihan pada 1 Juni lalu di tengah pandemi Covid-19.

Di bawah standar prosedur operasional ketat (SOP), 17 pemain, bersama dengan pelatih mereka dan staf layanan dukungan lainnya, tidak diizinkan untuk pergi atau melakukan kontak dengan siapa pun di luar pusat pelatihan nasional di Bukit Kiara.

"Tentu saja saya bersyukur bisa melanjutkan pelatihan di ABM tetapi kami tidak pernah melakukan interaksi nyata dengan orang-orang di luar. Ini melelahkan secara mental," keluh Juni Wei, yang hanya memiliki pemain nomor 10 dunia, Lee Zii Jia dan pelatih Hendrawan untuk ditemani.

Menurut June Wei, para pemain datang dengan ide-ide kreatif untuk menghibur diri mereka sendiri tetapi tak begitu banyak yang dapat mereka lakukan. Bahkan pelatihan menjadi membosankan bagi June Wei yang hanya bertanding dengan Zii Jia setiap hari.

"Saya tidak mengatakan itu buruk, jangan salah sangka tapi itu benar-benar membuatmu kesal. Dengan jumlah orang yang terbatas, tak begitu banyak yang bisa dilakukan," ungkapnya.

"Penghargaan harus diberikan kepada pelatih Hendrawan, yang terus-menerus mencampuradukkan program pelatihannya untuk kami, tetapi setelah beberapa saat, itu melelahkan."

"Kami tidak sabar untuk melangkah keluar. Untuk berkendara, mengunjungi keluarga kami dan memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kami sukai," tambahnya.

Juni Wei sangat ingin melihat seberapa jauh dia telah melangkah, setelah berlatih bersama Zii Jia selama satu bulan terakhir. Karena BAM belum menyelesaikan perencanaan turnamen mereka, Juni Wei ingin mengesankan badan nasional untuk masuk skuad Piala Thomas.

"Pelatihan sejauh ini bagus. Saya akan mengatakan kinerja kami sekitar 70 hingga 80 persen. Sisa kebugaran adalah ketika kami mulai bermain di turnamen," jelasnya.

Para pemain tim nasional lainnya akan melaporkan kembali untuk latihan pada 5 Juli, sementara para pemain profesional akan bergabung dengan program pelatihan Piala Thomas pada 15 Juli mendatang.

Artikel Tag: Cheam June Wei, Lee Zii Jia, hendrawan

486  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini