Semangat Untuk Lanjutkan Musim Muncul Kembali, Setelah Terhenti Karena Pandemi Covid-19

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 27 Mei 2020, 08:00 WIB
Semangat Untuk Lanjutkan Musim Muncul Kembali, Setelah Terhenti Karena Pandemi Covid-19

Iskandar Zulkarnain/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Setelah mengawali musim 2020 dengan ketidakpastian, pebulutangkis tunggal putra profesional, Iskandar Zulkarnain Zainuddin tidak sabar untuk mendapatkan momen kompetitifnya mengalir lagi.

Pemain berusia 28 tahun, yang pertandingan kompetitif terakhirnya adalah pada bulan November 2019, ingin mendapatkan celah ketika kompetisi internasional dilanjutkan pada bulan Agustus.

Iskandar berencana untuk mendaftar untuk dua turnamen World Tour level kelima yakni di Hyderabad Open pada 11-16 Agustus dan Lingshui China Masters pada 25-30 Agustus 2020 di mana ia berhasil mencapai semifinal pada tahun lalu.

"Saya melihat kalender yang diubah dan saya pikir dua peristiwa pada bulan Agustus ini sebenarnya sedikit terlalu dini," kata Iskandar, dikutip dari The Star.

"Pertama, saya tidak tahu apakah itu akan aman atau apakah kami diizinkan bepergian lagi. Kedua, kami juga tidak yakin kapan kami bisa kembali ke pelatihan," ungkapnya.

“Tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, saya pasti akan bermain di Hyderabad dan Lingshui. Saya harus ambil bagian dalam keduanya karena saya harus mencoba menyamai pencapaian semi final saya tahun lalu, atau peringkat saya akan turun,” tambah Iskandar.

Turnamen internasional terakhir Iskandar adalah kekalahan putaran pertamanya di level keempat Syed Modi International di India.

“Sudah enam bulan sejak saya bermain di sana. Pada Agustus, hampir delapan bulan,” kata pemain yang didukung Li-Ning ini.

“Tidak ada banyak pilihan (turnamen) awal tahun ini. Saya terlambat mengirimkan entri saya untuk Thailand Masters dan seharusnya memainkan Lingshui China Masters (awalnya 25 Februari hingga 1 Maret) tetapi ditunda karena Covid-19," Iskandar menjelaskan.

Iskandar, yang merupakan runner-up Kejuaraan Dunia Junior dan Kejuaraan Asia Junior 2009, masih berjuang untuk menemukan pijakannya sejak menjadi profesional pada akhir 2018. Prestasi terbaiknya adalah memenangkan Rusia International Challenge pada bulan Juli tahun lalu.

Sementara itu, rekan satu tim Iskandar di akademi, Soong Joo Ven juga akan memulai kembali lebih awal di Hyderabad Open. Pemain 24 tahun itu adalah runner-up di turnamen dua tahun lalu.

“Saya pikir saya akan mendaftar untuk itu, tetapi saya akan membahasnya terlebih dahulu dengan pelatih saya. Sponsor saya ingin saya ikut berkompetisi juga,” kata Joo Ven yang didukung Apacs.

“Meskipun masalah seperti ketika kami berlatih lagi belum pasti, saya senang bahwa setidaknya sekarang saya memiliki sesuatu untuk dinanti."

“Jika saya berkompetisi di Hyderabad, ini akan menjadi awal saya sebagai seorang profesional. Saya ingin tahu bagaimana hasilnya nanti," tegas Joo Ven.

Artikel Tag: Iskandar Zulkarnain, Soong Joo Ven, BWF, World Tour

420  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini