Ringkasan Hasil Turnamen Kontinental Kejuaraan Eropa 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 05 Mei 2021, 11:00 WIB
Ringkasan Turnamen Kontinental Kejuaraan Eropa 2021

Podium Ganda Putri Kejuaraan Eropa 2021/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Palace Sports di Kyiv, Ukraina, Kejuaraan Eropa 2021 berlangsung dengan 213 pemain dari 36 negara, tetapi hanya lima pemain atau pasangan yang dapat dinobatkan sebagai yang terbaik di Eropa.

Dalam grup peraih medali paling beragam dalam sejarah Kejuaraan Eropa, 10 negara berbeda membawa pulang medali dari Kyiv.

Tunggal putra

Sebuah kategori yang didominasi oleh Denmark, yang datang ke Kyiv dengan empat unggulan teratas, terpecah oleh sumber yang mengejutkan.

Pemain Finlandia, Kalle Koljonen, peringkat 80 dunia, membuat kejutan pada putaran ketiga ketika ia mengalahkan unggulan ketujuh Toma Junior Popov. Pemain kidal itu kemudian menampilkan beberapa bulu tangkis terbaiknya melawan unggulan ketiga Rasmus Gemke untuk mengamankan medali bersejarah pertama bagi Finlandia di Kejuaraan Eropa.

Hans Kristian Vittinghus mengalahkan unggulan kelima Mark Caljouw untuk memenangkan medali perunggu keduanya, menambah satu dari 2017.

Baik Victor Axelsen dan Anders Antonsen melakukan tugas di semifinal, menyiapkan pertemuan ketiga yang sangat dinantikan antara keduanya pada tahun 2021. Namun, karena hasil tes positif COVID-19 Axelsen, juara bertahan harus mundur, memberi Antonsen mahkota Eropa .

Emas - Anders Antonsen (DEN)

Perak - Victor Axelsen (DEN)

Perunggu - Kalle Koljonen (FIN) & Hans-Kristian Vittinghus (DEN)

Tunggal putri

Neslihan Yiğit memenangkan medali pertamanya dan perunggu tunggal putri kedua untuk Turki, menyusul penampilan yang bagus melawan pemain Jerman, Yvonne Li. Pemain Skotlandia, Kirsty Gilmour, yang kembali dari cedera, berhasil menambahkan medali Eropa ketiga ke koleksinya.

Juara Junior Eropa 2018, Line Christophersen, hanya tiga tahun kemudian bersaing memperebutkan gelar senior. Namun, Carolina Marin mengamankan gelar kelima berturut-turut Kejuaraan Eropa, menjadi pemain pertama yang melakukannya. Marin kini sejajar dengan Peter Gade pada jumlah total medali emas sektor tunggal.

Emas - Carolina Marin (ESP)

Perak - Line Christophersen (DEN)

Perunggu - Neslihan Yiğit (TUR) & Kirsty Gilmour (SCO)

Ganda Putra

Juara European Games 2019, Marcus Ellis / Chris Langridge, berjuang untuk meraih medali perunggu kedua. Juara bertahan, Kim Astrup / Anders Skaarup Rasmussen kali ini meraih perunggu setelah kalah di tangan Mark Lamsfuss / Marvin Seidel.

Ini adalah pertama kalinya Jerman naik podium, namun, karena hasil tes COVID-19 yang positif untuk Mark Lamsfuss, pasangan itu harus mundur dari final. Rusia kemudian dinobatkan sebagai juara Eropa sekali lagi, tujuh tahun setelah gelar pertama mereka pada 2014.

Emas - Vladimir Ivanov / Ivan Sozonov (RUS)

Perak - Mark Lamsfuss / Marvin Seidel (GER)

Perunggu - Kim Astrup / Anders Skaarup Rasmussen (DEN) & Marcus Ellis / Chris Langridge (ENG)

Ganda putri

Membalikkan hasil final European Games 2019, sang juara, Selena Piek / Cheryl Seinen, meraih perunggu di Kyiv, menyamai hasil yang mereka raih pada 2018. Artinya, medali Kejuaraan Eropa pertama untuk Chloe Birch / Lauren Smith adalah perak.

Maiken Fruergaard / Sara Thygesen dari Denmark membuat tiga medali perunggu Eropa untuk mereka. Duo emas sekali lagi adalah Bulgaria bersaudara Stoeva yang membuatnya dua kali berturut-turut, menegaskan dominasi mereka sebagai yang terbaik di Eropa.

Emas - Gabriela Stoeva / Stefani Stoeva (BUL)

Silver - Chloe Birch / Lauren Smith (ENG)

Perunggu - Maiken Fruergaard / Sara Thygesen (DEN) & Selena Piek / Cheryl Seinen (NED)

Ganda campuran

Mark Lamsfuss / Isabel Herttrich meraih perunggu lagi, seperti yang mereka lakukan di Huelva, Spanyol tiga tahun lalu. Mathias Christiansen, setelah memenangi perunggu di Kyiv bersama Alexandra Bøje, kini meraih medali di nomor ganda campuran dengan tiga mitra berbeda.

Juara European Games 2019, Marcus Ellis / Lauren Smith meraih medali perak, selangkah lebih tinggi di podium dari 2018. Dalam momen bersejarah, Rodion Alimov / Alina Davletova memenangkan Rusia medali ganda campuran pertama mereka, dan itu adalah emas. Ini adalah empat tahun setelah medali emas Junior Eropa mereka bersama pada tahun 2017.

Emas - Rodion Alimov / Alina Davletova

Perak - Marcus Ellis / Lauren Smith

Perunggu - Mathias Christiansen / Alexandra Bøje & Mark Lamsfuss / Isabel Herttrich

Artikel Tag: victor axelsen, Gabriela Stoeva, Stefani Stoeva, Kejuaraan Eropa 2021

476  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini