Rexy Mainaky Anggap BWF World Tour Finals Ujian Yang Pas Menuju Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 27 Nov 2023, 01:15 WIB
Rexy Mainaky Anggap BWF World Tour Finals Ujian Yang Pas Menuju Olimpiade

Rexy Mainaky/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : BWF World Tour Finals (WTF) di Hangzhou pada 13 hingga 17 Desember bukan sekadar kompetisi besar yang menawarkan poin peringkat yang berharga.

Hal ini juga memberikan indikasi kepada para pemain dan pasangan yang masuk delapan besar tentang apa yang diharapkan musim depan, terutama di Olimpiade Paris 2024.

Malaysia mengamankan dua tempat kualifikasi di final akhir musim senilai US$2 juta atau berkisar 30 miliar rupiah melalui mantan juara dunia ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan pasangan ganda campuran peringkat 1 nasional Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Namun, ini merupakan tahun dengan hasil yang beragam bagi kedua pasangan. Dengan dua kali naik podium di Kejuaraan Dunia dan Asian Games, serta gelar World Tour perdananya (Denmark Terbuka), Aaron/Wooi Yik cukup konsisten sepanjang musim, kecuali di dua turnamen terakhir (Kumamoto dan China Masters), di mana mereka mengalami exit dini.

Hal serupa juga terjadi pada Tang Jie/Ee Wei, yang meraih tiga gelar pada paruh pertama tahun ini, mengalami penurunan performa setelah Asian Games di Hangzhou dua bulan lalu.

Direktur kepelatihan BA Malaysia (BAM) asal Indonesia, Rexy Mainaky mengatakan BWF World Tour Finals bukanlah segalanya dan akhir segalanya melainkan ajang uji coba sebelum Olimpiade tahun depan.

"Saya setuju, di atas kertas, delapan pemain dan pasangan teratas yang lolos ke WTF ini termasuk favorit di Olimpiade Paris," kata Rexy kemarin.

"Namun, jangan lupakan mereka yang tidak lolos ke World Tour Finals dan masih bisa merusak pesta untuk orang lain."

“Ambil contoh di ganda putra. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India tidak lolos tetapi merupakan salah satu favorit untuk memenangkan medali emas Olimpiade tahun depan," katanya.

“Hal yang sama berlaku untuk disiplin ilmu lainnya. Masih ada waktu sebelum Paris. Apa yang saya harapkan dari para pemain kami adalah melihat performa yang sama seperti yang mereka tunjukkan di awal musim."

“Jika Aaron/Wooi Yik bisa meniru performa mereka di Kejuaraan Dunia, Asian Games, atau saat menjuarai Denmark Open, mereka punya peluang bagus."

"Melakukan dengan baik di WTF akan menentukan awal tahun yang sangat penting,” tambah Rexy.

Tidak ada wakil Malaysia yang memenangkan hadiah utama sejak BWF World Tour Finals menggantikan Final Super Series pada tahun 2018.

Mantan ganda putra peringkat 1 dunia Goh V Shem/Tan Wee Kiong adalah pemain Malaysia terakhir yang memenangkan acara akhir musim pada tahun 2016.

Artikel Tag: BWF World Tour Finals 2023, rexy mainaky, Aaron Chia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/rexy-mainaky-anggap-bwf-world-tour-finals-ujian-yang-pas-menuju-olimpiade
270  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini