banner babe

Polemik Audisi PB Djarum, Tan Joe Hok: Biarlah Anjing Menggonggong

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 21 Nov 2019, 14:30 WIB
Polemik Audisi PB Djarum, Tan Joe Hok: Biarlah Anjing Menggonggong

Tan Joe Hok-Lim Swie King/[Foto:PB Djarum]

Berita Badminton : Beberapa waktu lalu, audisi PB Djarum sempat menjadi polemik Karena dianggap eksploitasi anak oleh KPAI. Namun legenda bulu tangkis Indonesia, Tan Joe Hok mengatakan bahwa kasus ini seharusnya tidak akan terjadi kalau Masyarakat mengerti sumbangsih yang dilakukan PB Djarum dalam beberapa dekade terakhir bagi bulu tangkis Indonesia.

Audisi PB Djarum saat ini tengah memasuki putaran final yang berlangsung di Kudus, Jawa Tengah. Tak hanya menggelar audisi yang sangat meriah, namun PB Djarum juga mengundang beberapa legenda bulu tangkis seperti Tan Joe Hok, Lim Swie King hingga Liliyana Natsir untuk berbagi pengalaman mereka kepada para peserta audisi.

Tan Joe Hok yang merupakan tunggal putra pertama asal Indonesia yang meraih gelar All England, mengatakan bahwa kritik dari KPAI tak akan membuat PB Djarum berhenti melakukan audisi yang sudah mereka rintis sejak puluhan tahun lalu.

"Biarlah anjing menggonggong, kita terus jalan terus, yaitu menciptakan PB kembali pada kejayaan masa dulu. Jadi bagaimana mencapai mental-mental kuat. Tambah tinggi, angin tambah besar tetapi kalau teguh, ya masa bodo nanti," kata Tan di GOR Jati, Kudus.

Sementara itu, Lim Swie King juga tak habis pikir mengapa KPAI baru menyuarakan aspirasi mereka sekarang, padahal audisi ini sudah berlangsung sangat lama sejak berdirinya PB Djarum tahun 1969.

"KPAI-Djarum enggak usah dilihat. Saya ikut Djarum sudah 20 tahunan hasilnya baik-baik saja. Jadi kalau ada berita pendapat itu dari masyarakat, kita sudah 50 tahun kok baru tanya sekarang? Jadi masyarakat kalau salah ya kita setop, tapi dari Djarum banyak prestasinya," ungkap Lim.

Sejak penyelenggaraannya pada tahun 2006, Audisi Umum PB Djarum telah memunculkan atlet-atlet bulu tangkis yang andal di level internasional seperti peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad, juara All England yang juga pemain peringkat 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo serta juara dunia junior 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin.

Artikel Tag: Tan Joe Hok, lim swie king, Liliyana Natsir, pb djarum, Audisi Nasional

1467  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini