Pembuktian China Rebut Kembali Piala Suhandinata 2023

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 03 Okt 2023, 01:30 WIB
Pembuktian China Rebut Kembali Piala Suhandinata

Tim China di Kejuaraan Dunia Junior 2023/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lima tahun kemudian, China merebut kembali Piala Suhandinata, gelar Kejuaraan Beregu Campuran Dunia Junior BWF. Kesenjangan tersebut disebabkan oleh kerugian yang diderita pada tahun 2019 dan 2022 baik bagi Indonesia serta pembatalan acara pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi.

China menikmati kampanye yang mulus, mengalahkan Korea, Jepang, Malaysia dan Indonesia pada hari-hari berturut-turut untuk membawa pulang gelar ke-14 mereka.

Guo Zhengdong, mantan pemain ganda papan atas, dan sekarang menjadi pelatih kepala tim junior yang berkompetisi di Spokane, berbicara tentang kepuasannya atas kinerja mereka dan keyakinannya terhadap kemampuan mereka untuk unggul di tingkat senior.

Sudah lima tahun sejak China memenangkan gelar tersebut. Seberapa puaskah Anda dengan kinerja mereka?

“Saya sangat gembira akhirnya kami bisa menjuarai World Juniors karena tahun lalu di Spanyol kami tidak lolos babak perempat final. Kami melakukan beberapa penyesuaian pada latihan para pemain, pendekatan mental dan gaya hidup mereka, yang membawa kesuksesan kami tahun ini. Tim ini sangat bersatu; mereka berada pada usia di mana mereka matang dan mampu memberikan hasil berdasarkan pelatihan mereka. Tahun ini hasil imbang tersebut kurang baik bagi kami, karena kami tergabung dengan Korea, namun kami memiliki pola pikir positif di setiap pertandingan dan hal itu membawa mereka ke posisi kami sekarang.”

Apa saja penyesuaian dalam pelatihan yang Anda maksud?

“Penyesuaian tersebut terutama terjadi pada saat latihan. Kami meningkatkan durasi waktu latihan untuk memastikan kami kembali lebih kuat dan konsisten. Pada edisi kali ini usia mereka lebih tua satu tahun dibandingkan Santander, mereka mampu mendapatkan lebih banyak eksposur turnamen di Asia dan turnamen internasional lainnya, dan itu mempersiapkan mereka dari segi pola pikir dan kedewasaan.”

Seberapa besar peran tersingkirnya Anda di perempat final tahun lalu dalam rasa lapar Anda untuk memenangkan gelar kali ini?

Pastinya kekalahan yang kami alami di World Juniors tahun lalu – dan bukan hanya itu, kami belum pernah meraih gelar sejak 2018 – kami merasa ada sesuatu yang perlu kami buktikan sebagai sebuah tim. Selain itu, meskipun pemainnya berganti, pelatihnya tetap sama, dan pengundian untuk acara beregu telah dilakukan sebelum kami berangkat. Jadi para pelatih dan pemain yang bermain terakhir kali mengingatkan kami akan kekalahan itu, dan itu memotivasi kami tahun ini. Selain itu, penampilan kami di Asia Juniors tidak terlalu bagus, jadi kami memutuskan untuk World Juniors.”

Akankah kita melihat banyak orang di grup ini unggul di level senior dalam waktu dekat?

“Secara umum, para pemain perlu membuktikan diri, karena tidak ada yang bisa melakukannya untuk mereka. Dan ketika mereka lolos ke level senior, mereka harus melalui proses di mana mereka bermain di kompetisi nasional Tiongkok terlebih dahulu, terpilih masuk tim utama dan kemudian hanya bisa bermain di turnamen senior. Namun saya merasa mereka semua sudah siap untuk berada di tim utama senior,” pungkasnya.

Artikel Tag: China, Indonesia, Kejuaraan Dunia Junior 2023, Piala Suhandinata 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pembuktian-china-rebut-kembali-piala-suhandinata-2023
1578  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini