Pemain Hong Kong Keturunan Indonesia, Wong Wing Ki Vincent Jadi Pelatih

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 17 Des 2022, 18:30 WIB
Pemain Hong Kong Keturunan Indonesia, Wong Wing Ki Vincent Jadi Pelatih

Wong Wing Ki Vincent/[Foto:Badmintonphoto]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mengingat latar belakang eklektiknya, Wong Wing Ki Vincent menganggap dia dapat memanfaatkan pengalamannya dari dunia yang beragam saat dia memulai perjalanan baru sebagai pelatih.

Pemain Hong Kong ini belum resmi pensiun, namun ia memiliki peran baru di dalam tim, untuk bekerja sama dengan pemain tunggal putra papan atas lainnya seperti Lee Cheuk Yiu dan Ng Ka Long Angus. Selain itu, dia membangun bisnisnya yakni Klub WWK yang menyediakan pelatihan tingkat tinggi untuk sekitar 60 peserta pelatihan amatir.

Tumbuh di Hong Kong sebagai anak dari orang tua asal Indonesia yang tinggal sebentar di China, Wong Wing Ki Vincent memiliki akses ke ketiga dunia. Ia berlatih di Indonesia di bawah Mulyo Handoyo, pelatih Taufik Hidayat, dan di China di bawah Tang Hsien Hu, pelatih Lin Dan.

“Ini cukup menarik,” kata Vincent.

“Karena saya tidak pernah mengikuti satu pelatih pun, saya cukup spesial dalam hal itu. Ketika saya masih muda saya menghabiskan banyak waktu pelatihan di Indonesia. Saya berlatih dengan pelatih yang melatih Taufik dan pelatih yang melatih Marcus Fernaldi. Orang tua saya terkait dengan orang tuanya (Marcus). Ayah saya terhubung dengan pelatih Lin Dan, Tang Hsien Hu; dia yang paling menginspirasi saya. Saya biasa menghabiskan dua-tiga minggu bersamanya sebelum setiap acara besar. Hong Kong (asosiasi) mendukung saya, mereka membiarkan saya pergi ke tempat lain untuk berlatih.”

Wong Wing Ki Vincent sekarang ingin berbagi pengetahuan yang diperolehnya, karena dia merasakan permintaan akan pelatihan yang berkualitas, tetapi keahliannya tidak cukup untuk memenuhi permintaan itu. Untuk itu, klubnya menawarkan pelatihan dengan pelatih yang semuanya pernah berada di tim Hong Kong China. Dalam tim enam pelatih dan empat asisten internasional seperti Chan Kaka Tsz Ka (juga istrinya), Lee Chun Hei dan Tam Chun Hei.

Wong Wing Ki Vincent memulai klub tiga tahun lalu, tetapi baru sekarang dia dapat mendedikasikan waktu dan energi untuk itu.

“Klub saya seperti platform bagi mereka yang ingin bermain di level tinggi,” kata Vincent. “Saya bisa berbagi pengalaman saya. Semua pelatih saya pernah bermain untuk Hong Kong. Penting bagi pemula untuk mempelajari hal yang benar. Banyak pemain menginginkan latihan intensitas tinggi, tetapi mereka tidak tahu cara berlatih. Kami tahu bagaimana melatih dan melindungi tubuh pada saat yang bersamaan.”

Vincent diundang ke Kanada untuk mengambil bagian dalam kaki Markham dari tur Viktor Axelsen. Setelah bermain beberapa kali melawan Axelsen dia 3-4 dalam pertemuan karir, Vincent terkesan dengan evolusi pemain Denmark menjadi pemain top seperti sekarang ini.

“Saya kaget diundang. Itu sangat berarti bagi saya,” katanya.

Artikel Tag: Wong Wing Ki Vincent, Hong Kong, Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pemain-hong-kong-keturunan-indonesia-wong-wing-ki-vincent-jadi-pelatih
1041  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini