Pelatih Malaysia Diyakini Sanggup Berkarier di Negara Lain

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Mar 2019, 22:30 WIB
Pelatih Malaysia Diyakini Sanggup Berkarier di Negara Lain

Yuta-Jeremy Gan-Higashino/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Mantan pemain tim nasional Malaysia, Jeremy Gan, meyakini bahwa ada banyak pelatih berkualitas yang dimiliki Malaysia untuk bisa bersaing dengan negara-negara kuat lainnya seperti China, Indonesia dan Jepang dalam menghasilkan para pemain papan atas dunia.

Hal itu dibuktikan oleh Jeremy yang yang saat ini menjadi pelatih kepala ganda campuran tim nasional Jepang. Baru beberapa bulan di Federasi Badminton Jepang (NBA), Jeremy langsung sukses mengantarkan pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino meraih gelar All England Open 2018 lalu.

"Kami memiliki kualitas, dan kami memiliki keahlian tetapi apakah kami mendapatkan pengakuan yang layak kami dapatkan," kata Jeremy.

“Saya tidak ingin menyebutkan nama, tetapi melihat bagaimana pelatih asing diperlakukan di sini (Malaysia) dan kemudian membandingkannya dengan pelatih lokal," ungkapnya.

“Sangat sulit bagi pelatih lokal untuk menghasilkan RM20.000 berkisar 69 juta rupiah sebulan. Tetapi seorang pelatih asing mendapatkan hampir dua kali lipat. Bagaimana seseorang membenarkan kebijakan ini? Saya tidak melihat hasil yang signifikan dari pelatih asing ini. Karena inilah banyak pelatih lokal menerima tawaran di luar negeri," Jeremy menambahkan.

Jepang, yang telah mengukuhkan status mereka sebagai salah satu kekuatan besar bulutangkis, telah diuntungkan oleh kemampuan para pelatih Malaysia.

Ketika Negeri Matahari Terbit itu meraih gelar Piala Thomas perdananya di New Delhi pada tahun 2014 lalu, ada seorang pelatih asal Malaysia, Mohamad Izuan Ibrahim yang tidak dikenal menjadi berita utama karena menjadi orang di balik kebangkitan Kento Momota.

Tiga tahun kemudian, Jeremy Gan bergabung dengan NBA dan berhasil membawa pasangan peringkat 3 dunia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino meraih mahkota All England tahun lalu.

Di bawah bimbingan kepala pelatih Park Joo Bong, Jepang terus menunjukkan dominasi. Tahun lalu, mereka mencapai final Piala Thomas dan Piala Uber di Bangkok. Tim putri mengalahkan Thailand 3-0 di final Piala Uber sementara tim putra kalah 3-1 dari China di Piala Thomas.

Mantan pemain tim nasional Malaysia lainnya, Lee Wan Wah telah menerima tawaran melatih dari Jepang dan akan bergabung dengan mereka sebagai pelatih junior pada bulan depan.

“Nama-nama ini hanya segelintir pelatih berkualitas tinggi yang telah menerima pekerjaan di luar negeri. Tetapi pada kenyataannya, ada banyak lagi pelatih Malaysia di luar negeri," tegas Jeremy.

Artikel Tag: Jeremy Gan, Yuta Watanabe, Arisa Higashino, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pelatih-malaysia-diyakini-sanggup-berkarier-di-negara-lain
2481  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini