Olimpiade Diundur Setahun Ke Depan, PBSI: Persiapan Lebih Panjang

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 01 Apr 2020, 07:00 WIB
Olimpiade Diundur Setahun Ke Depan, PBSI: Persiapan Lebih Panjang

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Pengunduran Olimpiade Tokyo hingga tahun depan tentunya akan berimbas pada persiapan dan jadwal para pemain yang sudah memastikan tempat di kejuaraan akbar empat tahunan itu.

Dengan ditundanya semua turnamen internasional oleh BWF hingga Mei mendatang, tentunya berakibat akan padatnya jadwal pada musim depan, yang bisa saja membuat fokus para pemain akan terbagi demi menjaga kebugaran dan performa mereka agar tetap fit.

"Pasti akan ada penyesuaian, dengan situasi seperti ini, kami akan menentukan mana yang menjadi skala prioritas," kata Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI, dikutip dari situs resmi PBSI.

Untuk cabang bulu tangkis, PBSI baru memastikan dua wakil ke Olimpiade yakni di sektor ganda putra, atas pasangan peringkat 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan pasangan peringkat 2 dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara para pemain Pelatnas lainnya belum bisa dipastikan lolos dan tidaknya karena BWF diperkirakan akan memperpanjang periode kualifikasi Olimpiade yang seharusnya berakhir pada 30 April mendatang .

Dengan BWF baru saja membekukan peringkat dunia dan dikunci setelah gelaran All England beberapa waktu lalu, PBSI belum bisa memastikan kapan jadwal ulang turnamen akan dirilis mengingat pandemi Covid-19 saat ini belum menunjukkan sedikit tanda-tanda penurunan.

"Untuk menyusun jadwal turnamen baik yang internasional maupun nasional, kami harus menunggu konfirmasi jadwal turnamen internasional dari BWF. Karena jadwal turnamen nasional juga harus diatur dan disesuaikan dengan turnamen internasional yang diselenggarakan di Indonesia," lanjut Budiharto.

Empat tahun lalu di Rio de Janeiro, Indonesia sukses membawa pulang satu medali emas Olimpiade di sektor ganda campuran lewat pasangan veteran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Artikel Tag: PBSI, BWF, Virus Corona, olimpiade tokyo 2020

502  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini