Nova Yakin Cheam June Wei Bisa Jadi Kunci di Beregu Putra Asian Games 2023

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 22 Sep 2023, 22:00 WIB
Cheam June Wei Bisa Jadi Kunci di Beregu Putra Asian Games 2023

Cheam June Wei/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis independen Cheam June Wei bisa membuat perbedaan dalam upaya Malaysia meraih medali di nomor beregu putra Asian Games karena pemain independen tersebut memiliki rekam jejak yang mampu mengisi posisi penting di nomor tunggal ketiga.

Cheam June Wei, 26 taun, berperan penting dalam perjalanan Malaysia dalam kampanye Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Manila di mana mereka menjadi runner-up.

Ia juga menjadi bagian dari tim Piala Thomas 2020 yang mencapai babak perempat final di Aarhus dan bisa menjadi andalan kompetisi beregu Malaysia jika tetap bersama Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Keputusan Cheam June Wei untuk menjadi pemain independen tahun lalu tidak mendapat tanggapan baik dari staf pelatih yang tidak mempertimbangkannya untuk Piala Thomas tahun lalu di Bangkok atau acara beregu besar lainnya.

Beberapa pemain junior seperti Justin Hoh dan Aidil Sholeh Ali Sadikin terpilih mengunggulinya.

Pelatih June Wei asal Indonesia, Nova Armada, mengatakan bahwa pemain tersebut memiliki pengalaman dalam event beregu dan akan mampu menyesuaikan diri dengan baik di nomor tunggal ketiga jika diberi kesempatan.

Leong Jun Hao dari BAM, yang juga tergabung dalam tim Asiad, juga ikut bersaing tetapi ia kesulitan sebagai tunggal ketiga di Piala Thomas tahun lalu.

“June Wei telah mempersiapkan diri dengan baik dan kuat di posisi ini. Dia harus bisa menghadapi sebagian besar rival dari negara lain di Asian Games,” kata Nova.

“Kami berpeluang menyumbangkan satu poin melawan tim-tim seperti Indonesia, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan. Dia pernah bermain di ajang tim besar sebelumnya dan mampu mengatasi tekanan,” ungkapnya.

“Malaysia memang punya susunan pemain yang kuat, terutama ganda putra kami, sementara dua pemain tunggal teratas kami (Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong) punya kualitas. Juni Wei telah diberi kesempatan untuk berada di tim Asiad dan tentu saja dia ingin membuktikan bahwa dia dapat memainkan perannya untuk membantu Malaysia memenangkan medali.”

Nova Armada juga menilai ada baiknya Malaysia mendapat unggulan empat besar agar bisa terhindar dari favorit China dan Indonesia di babak perempat final.

“Saya berharap bisa mendapatkan unggulan ketiga atau keempat, karena yang penting terhindar dari China dan Indonesia hingga babak semifinal,” tambah Nova.

Pemain lain di tim Malaysia adalah Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Ong Yew Sin-Teo Ee Yi (ganda putra). Chen Tang Jie dan Goh Soon Huat akan menjadi ganda cadangan tetapi pertandingan utama mereka masing-masing digabungkan dengan Toh Ee Wei dan Shevon Lai Jemie.

Malaysia terakhir kali meraih medali yakni perunggu di Asian Games Incheon pada tahun 2014, sementara penampilan terbaik mereka adalah perak di Olimpiade Beijing tahun 1990.

Artikel Tag: Cheam June Wei, nova armada, Asian Games 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/nova-yakin-cheam-june-wei-bisa-jadi-kunci-di-beregu-putra-asian-games-2023
615  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini