Nostalgia Perjalanan Lin Dan Bersama Lee Chong Wei

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 05 Jul 2020, 08:30 WIB
Nostalgia Perjalanan Lin Dan Bersama Lee Chong Wei

Lin Dan-Lee Chong Wei/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton: Legenda bulu tangkis China, Lin Dan secara resmi mengumumkan berita pensiunnya di Weibo pribadinya, mengakhiri 20 tahun karir bulu tangkis di tim nasional.

Pada Juni tahun lalu, Lee Chong Wei mengadakan konferensi pers dan mengumumkan pengunduran dirinya. Lin Dan, yang adalah musuh bebuyutannya Lee Chong Wei, menulis di Weibo: "Tidak ada yang bersama saya ketika saya bermain sendirian."

Sekarang Lin Dan juga mengumumkan untuk melambaikan tangan kepada olahraga yang telah membesarkan namanya. Dengan cara ini, cinta Lin Dan dan Lee Chong Wei, yang telah saling bersaing selama lebih dari sepuluh tahun, berada di jalan yang sama pada saat ini.

Keduanya tidak lagi terseret oleh apa yang disebut status pemain top, mereka dapat pergi bersama untuk minum anggur dan mempromosikan bulu tangkis bersama. Dari perspektif ini, ini adalah pertempuran paling penting antara Lee Chong Wei dan Lin Dan yang berakhir bahagia.

Dalam sebuah wawancara tahun ini, Lee Chong Wei dengan blak-blakan mengatakan bahwa dia tidak optimis tentang partisipasi Lin Dan di Olimpiade Tokyo. Ini juga terjadi. Meskipun Lin Dan adalah raja generasi, para pahlawan tidak menyebutkan keberanian tahun ini. Lin Dan tidak bisa menyembunyikan usia tua. Itu hanya masalah waktu.

Dari Athena pada 2004 hingga Rio pada 2016, Lin Dan bermain di Olimpiade empat kali berturut-turut, sebagai pemain paling mapan di tim nasional, kualifikasi Olimpiade Super Dan hanyalah masalah rutin. Namun, tahun-tahun selalu menstimulasi, dan Lin Dan, yang telah memasuki siklus Olimpiade Tokyo, secara bertahap tidak dapat kembali ke langit. Jika tanpa cedera, Chen Long dan Shi Yuqi akan bermain mewakili China di Olimpiade Tokyo.

Pada awal 2019, Lin Dan membuat kejutan dengan menjadi juara Malaysia Open dengan mengalahkan Chen Long di final. Setelah pertandingan, ia tersenyum dan mengatakan bahwa karena Lee Chong Wei belum pensiun, ia memilih untuk bersikeras. Ini tentu saja lelucon, tetapi sekarang tampaknya "Jika Anda tidak mundur, saya akan menemani Anda" memang merupakan kekuatan pendorong di balik kegigihan Lin Dan.

Ketika Lee Chong Wei mengambil langkah pertama dan mengumumkan pengunduran dirinya dengan air mata, saya percaya bahwa hati Lin Dan juga bercampur aduk, dan ketika tak ada pertempuran antara Lee Chong Wei dan Lin Dan, itu menunjukkan bahwa dia bukan lagi protagonis.

Lin Dan tentu saja meninggalkan penyesalan karena gagal mewujudkan tujuan Olimpiade kelima, tetapi setelah bekerja keras, tidak ada keluhan atau penyesalan.

"Saya telah menyelamatkan semua usaha saya dan mencoba yang terbaik, meskipun kadang-kadang masih tidak membawa hasil terbaik," ungkap Lee Chong Wei setelah mengumumkan pengunduran dirinya pensiun.

Lin Dan mengeluh bahwa “tidak ada orang di sana untuk menemani saya.” Sekarang Lin Dan meninggalkan tempat kejadian bersama, dan dia dan Lee Chong Wei akhirnya sampai di akhir musim bersama. Meskipun Lee Chong Wei berjuang dengan penyakitnya dan Lin Dan bersikeras pada akhirnya. Sebaliknya, keduanya akan mundur dan bekerja sama untuk mempromosikan bulu tangkis.

Artikel Tag: lee chong wei, lin dan, Pensiun

609  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini