Misbun Sidek Merapat ke Tim Nasional Thailand

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 10 Jan 2024, 16:15 WIB
Misbun Sidek Merapat ke Tim Nasional Thailand

Misbun Sidek/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Apakah Thailand akan mendapat keuntungan dari kekalahan Malaysia? Datuk Misbun Sidek, yang meninggalkan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) sebagai direktur kepelatihan junior pada Agustus lalu, kini sedang mempersiapkan tugas kepelatihan baru di Thailand.

Misbun Sidek memainkan peran penting dalam kebangkitan pemain muda nasional Justin Hoh, yang telah memiliki empat gelar International Challenge. Tapi bisakah dia menciptakan kembali sihirnya di utara?

Usai melatih tiga pemain junior Thailand yakni Nuttanon Maku, Punnatat Prempunpong, dan Tonkid Saeheng di pemusatan latihan Nusa Mahsuri pada akhir tahun 2023, Misbun baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya sedang menjalani tahap uji coba kepelatihan bersama Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT).

Tim nasional Thailand telah menghasilkan pemain junior terbaik di masa lalu dengan juara dunia saat ini Kunlavut Vitidsarn mengklaim tiga gelar Kejuaraan Dunia Junior berturut-turut dari 2017 hingga 2019.

Misbun Sidek mengatakan dia saat ini sedang menguji kemampuannya di Thailand dan menyadari tantangan yang ada di depannya saat melatih di negara lain.

"Ini terjadi di level akar rumput, jadi saya harus melihat semua aspek tentang bagaimana saya bisa menjangkau para pemain sehingga kami selaras dengan arah ideal yang harus mereka tuju,'' kata pria berusia 63 tahun itu di Pameran Sidek Bersaudara yang diadakan di Museum Sultan Alam Shah kemarin.

Misbun juga menekankan pentingnya tim pelatih yang baik di belakang setiap pemain.

“Pemain bermain, pelatih membuat rencana. Pemain tidak berhak menentukan turnamen mana yang ingin mereka ikuti atau ikuti. Pelatihlah yang melatih dan menjaga kemampuan fisik dan mental setiap pemain, merekalah yang seharusnya mengambil keputusan,'' tambah Misbun.

Peraih medali perak SEA Games tiga kali itu menambahkan, baik pemain maupun pelatih harus selaras karena turnamen tahun ini akan mengarah ke Olimpiade Paris 2024.

''Olimpiade akan segera tiba, pelatih harus bijak dalam memilih turnamen mana yang diikuti pemainnya untuk memaksimalkan peluang mereka lolos ke Paris,'' katanya.

Pameran Sidek Brothers menampilkan prestasi dan memorabilia karir Misbun dan saudara-saudaranya yakni Razif, Jalani, Rahman dan Rashid. Pameran ini terbuka untuk umum hingga akhir April 2024.

Artikel Tag: Misbun Sidek, thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/misbun-sidek-merapat-ke-tim-nasional-thailand
243  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini