Melihat Karir Bintang Ceko Dari Jadi Pemain Hingga Presiden Federasi

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 07 Sep 2020, 14:30 WIB
Melihat Karir Bintang Ceko Dari Jadi Pemain Hingga Presiden Federasi

Petr Koukal/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Bintang tunggal putra Ceko memiliki karir bermain yang inspiratif, tetapi perjalanan bulutangkisnya yang unik tidak berakhir di situ. Dimana dia sekarang?

Petr Koukal lahir 14 Desember 1985 di Hořovice, di Wilayah Bohemian Tengah, Republik Ceko. Dia mulai bermain bulu tangkis saat berusia delapan tahun di klub milik ayahnya, dan kemudian melakukan debut internasionalnya pada usia 15.

Koukal tumbuh menjadi pemain tunggal putra bertalenta tinggi dan sabar, namun berhasil masuk ke tim nasional pada usia 18 tahun. pada tahun yang sama dia memenangkan kejuaraan nasional Ceko di ganda campuran bersama Markéta Koudelková.

Koukal terus berkompetisi di tunggal dan ganda campuran, menjuarai Lithuania Internasional pada 2004 bersama Martina Benešová, tetapi itu adalah gelar tunggal yang sebagian besar karirnya dibangun.

Koukal mencapai sepuluh final di tunggal, memenangkan Islandia Internasional pada 2007, turnamen kandangnya Internasional Ceko pada 2009 dan Slowakia Terbuka pada 2011. Ia mencapai peringkat tertinggi dalam karir di 38 dunia pada 2010.

Di tahun yang sama, di puncak karirnya, Koukal didiagnosis menderita kanker testis. Hebatnya, Koukal berjuang melewati masa sulit dalam hidupnya dan terus berlatih menuju Olimpiade London 2012. Komite Olimpiade Ceko, terinspirasi oleh tekadnya, mengumumkan pemilihan Koukal sebagai pembawa bendera tim Ceko.

'Bye Bye Cancer' adalah kata-kata yang tertulis di Facebook-nya, yang mengumumkan bahwa tiga bulan pengobatan dan kemoterapi telah menyingkirkan kankernya.

Petr Koukal selalu menjadi pemain aktif di luar lapangan, menjadi Duta Solibad - Bulu Tangkis Tanpa Batas, dan telah mulai mempromosikan kerja yayasan yang bertujuan untuk mengingatkan para pemuda bahwa kanker testis dapat terjadi pada siapa saja.

Pada tahun 2016, Petr Koukal dianugerahi sebagai penerima penghargaan kedua dari Hanno R. Ellenbogen Citizenship Award atas komitmen dan bantuannya kepada pria penderita kanker testis melalui yayasannya.

Awal tahun ini, Koukal terpilih sebagai Presiden Federasi Badminton Ceko. Berbicara kepada MBS News, Koukal berbicara tentang bagaimana dia dapat menyesuaikan kehidupannya sehari-hari sekarang setelah menghabiskan banyak waktu di lapangan bulu tangkis.

"Saya mendekatinya sebagai manajer, saya mencoba menjadi sangat proaktif, saya mendengarkan dan berurusan dengan orang lain. Saya masih selalu mencari waktu untuk bulu tangkis yang aktif. Kadang-kadang ketika saya pergi ke pertemuan dengan orang-orang di sekitar, misalnya, kami menggabungkannya dengan pelatihan remaja, saya paling suka pertemuan seperti itu… tetapi saya telah melakukan cukup banyak olahraga dalam hidup saya," kata Koukal.

Koukal bertujuan untuk membawa banyak energi dan fokus ke bulu tangkis Ceko dalam tiga pilar penting. Profesionalisasi kerja asosiasi di semua tingkatan, pemasaran dan dukungan yang kuat dan canggih untuk pelatihan pemain, pelatih yang berfokus pada memenangkan medali Eropa. Lebih khusus lagi, Koukal mengidentifikasi tantangan utama berikut yang akan dia tangani selama masa jabatannya sebagai Presiden.

"Kami kekurangan pusat olahraga nasional di mana para pemain terbaik dapat mempersiapkan diri bersama di tingkat yang dibutuhkan oleh bulu tangkis Eropa. Kemudian kami direpotkan oleh kurangnya pelatih berkualitas. Kami diperlambat secara signifikan oleh lingkungan klub yang kompetitif, di mana semua orang bermain untuk diri mereka sendiri dan bukan untuk keseluruhan," ungkapnya.

Ini adalah tantangan umum yang dihadapi oleh banyak Asosiasi Anggota kami. Menjadi Presiden saat COVID-19 tentunya merupakan pengalaman yang ganjil, namun di sisi lain, memberikan lebih banyak waktu bagi setiap orang untuk berefleksi dan merencanakan masa depan. Akan menarik untuk mengikuti Koukal, yang telah menginspirasi banyak orang melalui karir bermainnya, sekarang memulai misi baru untuk mempengaruhi perubahan besar bagi bulu tangkis Ceko.

Artikel Tag: Petr Koukal, Badminton Ceko, Badminton Eropa

472  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini