Malaysia Open Akan Jadi Salah Satu Turnamen Terkaya di Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 22 Jun 2022, 10:30 WIB
Malaysia Open Akan Jadi Salah Satu Turnamen Terbaik di Dunia

Podium Tunggal putra Malaysia Open 2018/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Dari tahun depan. Petronas Malaysia Open akan mendapatkan kembali statusnya sebagai salah satu turnamen bulu tangkis terkaya di dunia.

Lee Zii Jia dan sesama pemain Malaysia pasti akan menandainya di kalender mereka sebagai acara yang harus dilakukan dengan baik.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), pada hari Minggu, mengumumkan Malaysia Open sebagai turnamen Super 1000 yang ditingkatkan dalam World Tour mereka yang diperluas untuk tahun 2023-2026.

Malaysia Open, yang saat ini merupakan event Super 750, akan segera berada di level tertinggi, sebagai salah satu dari empat event Super 1000, selain All England, Indonesia Open, dan China Open.

Dan seperti halnya penggemar bulu tangkis di negara ini, presiden BA Malaysia Tan Sri Norza Zakaria berharap untuk melihat lebih banyak lagi juara kandang yang dimahkotai di Malaysia Open di tahun-tahun mendatang.

Namun, ini akan membutuhkan upaya, perencanaan, dan komitmen besar dari pemain lokal untuk berada di puncak permainan mereka. Itu karena Anda bisa mengharapkan para pebulu tangkis terbaik dunia menjadikan Malaysia Open sebagai turnamen prioritas.

Faktanya, keputusan BWF juga mengharuskan semua pemain tunggal putra dan putri terbaik dunia 15 dan 10 pasangan teratas di ketiga sektor ganda berpartisipasi dalam semua acara Super 1000.

Meskipun akan sangat menantang bagi pemain Malaysia untuk menjadi yang terbaik, penggemar lokal pasti akan bergairah atas bentrokan para bintang.

Meskipun demikian, Norza berharap Super 1000 Malaysian Open, dengan hadiah uang yang meningkat sebesar US$1,25 juta (RM5,5 juta) atau berkisar 18,5 miliar rupiah, akan membantu memacu pemain Malaysia untuk bekerja keras dan unggul dalam World Tour.

Turnamen Super 1000 memiliki lebih banyak prestise dan glamor daripada turnamen lain di World Tour, dan menawarkan hadiah uang mulai dari US$1 juta ke atas dan lebih banyak poin peringkat dunia.

Norza berharap para pemain lokal akan memanfaatkan ini, dan membuat keuntungan kandang mereka diperhitungkan.

“Ini jelas merupakan pengakuan besar bagi bulu tangkis Malaysia dan BAM karena Malaysian Open dapat ditempatkan di level yang sama dengan All England, Indonesia, dan China Open. Ini adalah sesuatu yang harus dibanggakan oleh semua orang Malaysia karena kami sekarang telah mendapatkan kembali elit. status yang pernah kita pegang," kata Norza.

Malaysia Open (saat itu bagian dari Superseries Premier) menikmati status tertinggi selama empat tahun dari 2014-2017 sebelum kalah ketika BWF meluncurkan World Tour pada 2018.

"Sementara para penggemar akan disuguhi aksi kelas dunia dari 10 pemain dan pasangan top dunia di semua sektor, pemain Malaysia memiliki kesempatan untuk bersinar di acara bulu tangkis paling bergengsi di tanah air."

Norza juga memberikan penghormatan kepada Petronas, sponsor utama baru Malaysian Open.

"Melalui kerja sama BAM dengan Petronas, ini (mendapatkan kembali status Super 1000) menjadi mungkin," katanya.

Malaysia Open tahun ini, dengan status Super 750, menawarkan hadiah uang sebesar US$675.000 (RM3 juta) atau berkisar 10 miliar rupiah. Ini akan diadakan di Axiata Arena dari 28 Juni-3 Juli mendatang.

Artikel Tag: Malaysia Open 2022, BWF, World Tour

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/malaysia-open-akan-jadi-salah-satu-turnamen-terkaya-di-dunia
7598  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini