Loh Kean Yew, Salah Satu Talenta Muda Terbaik Asia Asal Singapura

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 28 Apr 2021, 16:00 WIB
Loh Kean Yew, Salah Satu Talenta Muda Terbaik Asia Asal Singapura

Loh Kean Yew/[Foto:BadmintonAsia]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Loh Kean Yew adalah pemain Singapura yang saat ini menduduki posisi 40 di peringkat dunia BWF untuk tunggal putra. Dia baru berusia 23 tahun tetapi sudah memiliki lebih dari 134 kemenangan dalam karir, menjadikannya salah satu pemain terbaik Asia!

Bulu tangkis datang kepadanya di usia yang sangat muda. Dalam sebuah wawancara dengan BWF, dia berbagi: “ketika saya berusia 4 tahun, saya bermain dengan tetangga, saudara laki-laki, anggota keluarga saya. Kemudian pada usia 10 tahun saya memulai pelatihan resmi dan kemudian saya berada di tim negara bagian di Penang. Pada usia 13 tahun saya datang ke Singapura dan bergabung dengan Sekolah Olahraga Singapura.”

Dia pindah untuk mengejar ambisinya tetapi itu tidak mudah. Dia mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris dan berteman. Tapi itu tidak menghentikannya untuk mencapai mimpinya. Dia terus berlatih dan bekerja keras dan berpartisipasi dalam banyak kompetisi selama bertahun-tahun seperti SCG Thailand Open 2013, Yonex Taiwan Open 2013, dan Yonex Sunrise Indonesia Open 2013.

Namun baru pada tahun berikutnya dia memenangkannya. medali emas pertama di Internasional Singapura 2014 setelah mengalahkan lawan Thailand Kantaphon Wangcharoen. Sejak saat itu, kesuksesan mengikuti.

Pada 2015, Loh Kean Yew mewakili negaranya di Sea Games Asia Tenggara, yang merupakan kehormatan besar baginya.

“Pertandingan besar pertama saya yang saya wakili Singapura sebenarnya diadakan di Singapura, Sea Games Asia Tenggara pada 2015. Itu pertama kalinya saya mengalami seperti apa pertandingan besar itu, dan kemudian ada dukungan dari dalam negeri. Saya bermain dan tampil sangat baik sehingga saya masuk ke semifinal untuk acara individu saya dan bahkan di acara tim dan saya hampir mengalahkan pemain top," ungkapnya.

Perolehan medali perunggu baik perorangan maupun beregu sangat mengagumkan mengingat baru kali ini ia mewakili negara. Dia meniru kesuksesan itu pada 2017 ketika dia memenangkan perunggu untuk tim putra di Sea Games Asia Tenggara di Kuala Lumpur. Dia juga melihat dirinya di atas podium lagi tahun itu setelah memenangkan emas di Malaysia dan Singapore International, masing-masing mengalahkan Cheam Malaysia June Wei dan rekan senegaranya Ryan Ng.

Loh Kean Yew kemudian memenangkan emas di Mongolia International dan perak di South Australia International pada 2018. 2019 menjadi salah satu tahun tersuksesnya saat dia menang. Medali perak tunggal putra diraih Loh di Sea Games 2019 dan juga perunggu beregu putra.

Di Thailand Masters dia mengejutkan banyak orang setelah mengalahkan peraih medali emas Olimpiade Lin Dan 21–19 dan 21–18 untuk membawa pulang medali emas. Prestasi yang luar biasa.

Kami sangat bersemangat atas pertumbuhannya yang luar biasa dan akan terus mendukung pencapaiannya!

Artikel Tag: Loh Kean Yew, Singapura, Asia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/loh-kean-yew-salah-satu-talenta-muda-terbaik-asia-asal-singapura
1047  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini