Loh Kean Yew, Bocah Kelahiran Malaysia Kebanggaan Singapura

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 10 Nov 2021, 03:00 WIB
Loh Kean Yew, Pemain Kelahiran Penang Malaysia Yang Membanggakan Singapura

Loh Kean Yew/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pada hari Minggu (7/11), Loh Kean Yew membuat sejarah dengan menjadi pemain Singapura pertama yang memenangkan pertandingan bulu tangkis Super 500.

Pemain peringkat 39 dunia berusia 24 tahun itu mengalahkan pemain Malaysia Lee Zii Jia untuk kedua kalinya dalam beberapa minggu untuk merebut gelar Hylo Open di Saarbrücken, Jerman.

Setelah mengalahkan Zii Jia di babak pertama French Open bulan lalu, Loh Kean Yew yang juga memenangkan gelar Dutch Open pada Oktober, mengalahkan juara All England Zii Jia, yang mundur di final setelah mengalami cedera punggung saat tertinggal 19-21, 21-13 dan 17-12.

Singapura sangat senang dengan keberhasilan jejak jagoan tunggal putra mereka, tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa Kean Yew bisa mewakili Malaysia dengan sangat baik jika bukan karena naturalisasi. 

Ini karena dia lahir di Penang, Malaysia dan merupakan produk dari Badminton Penang.

Loh Kean Yew, yang menggulingkan juara dunia lima kali Lin Dan dari China pada 2019 untuk merebut mahkota Thailand Masters, terpikat oleh BA (SBA) Singapura ketika ia berusia 12 tahun. Mereka menawarinya beasiswa di Singapore Sports School.

Kakak Loh Kean Yew, Kean Hean, pemain ganda tim nasional Singapura, pertama kali pindah ke Kota Singa pada 2009, sebelum Kean Yew menyusul setahun kemudian.

Kedua bersaudara itu bukan satu-satunya orang Penang yang menyeberang ke Singapura. Mitra pemenang Kean Hean, di Belanda Open, Terry Hee, juga lahir di Penang.

Pebulu tangkis lain yang menorehkan namanya di buku sejarah Singapura pekan lalu adalah Yeo Jia Min yang mencapai final tunggal putri Hylo Open. Orang tuanya yang lahir di Malaysia telah pindah ke Singapura.

Diketahui, masih banyak lagi pemain kelahiran Malaysia yang bermain di Singapura.

"Ini bukan sesuatu yang baru," kata seorang sumber yang dekat dengan BA Malaysia.

“Saat itu, SBA akan datang dan mengikuti turnamen kami selama liburan. Saat itulah mereka melakukan perekrutan."

"Itu bukan praktik yang salah tetapi mereka akan mencoba membujuk orang tua terlebih dahulu."

"Banyak pemain kami seperti Soniia Cheah dan kakak perempuannya Lydia juga didekati di masa lalu. Faktanya, salah satu langkah terbesar kami adalah ketika kami melakukan intervensi untuk menghentikan Goh Jin Wei pindah ke Singapura," tambahnya.

Dapat dipahami bahwa Singapura pertama kali memulai naturalisasi pemain dari China, sebelum pemerintah China menghentikan praktik tersebut.

SBA dan Singapore Sports School kemudian mengalihkan fokus ke pemain dari Malaysia dan juga Indonesia.

Sementara itu, Zii Jia mengatakan di media sosialnya bahwa dia harus pensiun mengingat dia masih memiliki Indonesia Masters dan Indonesia Open untuk bersaing akhir bulan ini di Bali.

“Saya merasa lebih baik hari ini (kemarin), tetapi mengingat turnamen yang akan datang dan kondisi tubuh saya, saya tidak punya pilihan selain pensiun dari pertandingan (final Hylo Open)."

"Saya selalu percaya saya bisa melakukan yang lebih baik tetapi saya merasa menyesal bahwa itu berakhir seperti ini. Ini juga mencerminkan betapa pentingnya tim pendukung, untuk membantu saya mempertahankan kinerja saya di turnamen tingkat tinggi ini."

“Terima kasih atas semua berkah dan dukungan yang saya terima dari semua orang. Saya harap saya dapat melanjutkan perjalanan dengan upaya terbaik saya,” tambah Zii Jia yang juga akan bertanding di World Tour Finals di Bali pada 1-5 Desember, dan Kejuaraan Dunia di Spanyol pada 12-19 Desember.

Artikel Tag: Loh Kean Yew, Singapura, Malaysia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/loh-kean-yew-bocah-kelahiran-malaysia-kebanggaan-singapura
2891  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini