Lim Chi Wing Bertekad Bangun Kembali Karirnya Setelah Lama Redup

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 03 Jan 2021, 22:00 WIB
Lim Chi Wing Bertekad Bangun Kembali Karirnya Setelah Lama Redup

Lim Chi Wing/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulutangkis profesional, Lim Chi Wing ingin menciptakan identitas baru untuk dirinya sendiri. Pemain berusia 25 tahun itu tidak ingin dikenang sebagai juara nasional dua kali, status yang menurutnya tidak cocok untuk seseorang yang berprestasi di panggung internasional.

Lim Chi Wing adalah salah satu dari banyak pemain yang merasakan kesuksesan di Kejuaraan Nasional tanpa kehadiran Lee Chong Wei, yang berhenti berpartisipasi setelah mendominasi selama 10 edisi berturut-turut dari 2002-2011.

Dalam ketidakhadirannya, Lim Chi Wing memenangkan gelar berturut-turut pada 2016 dan 2017.

Tapi tak satu pun dari kemenangan ini yang bisa menginspirasi dia untuk menjadi pemain kelas dunia ketika dia bersama tim nasional. Chi Wing akhirnya keluar dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk menjadi profesional pada Agustus 2019.

“Saya mencoba yang terbaik untuk menjadi Lim Chi Wing yang baru,” katanya setelah finis ketiga di Liga Purple League Top-Glove di Putrajaya kemarin.

“Saya bukan lagi juara nasional dua kali. Tidak ada yang bisa dibanggakan ketika saya hanya memiliki sedikit kesuksesan untuk ditampilkan secara internasional," katanya.

"Mudah-mudahan saya bisa membangun karier mandiri yang layak di tahun-tahun mendatang dan orang-orang akan mengingat saya sebagai juara World Tour," tambahnya.

Chi Wing mengungkapkan bahwa dia telah memikirkan pensiun setelah meninggalkan tim nasional, tetapi senang dia tidak melakukannya sebagai profesional.

“Saya butuh dua bulan untuk memutuskan menjadi pebulutangkis profesional,” kenang Chi Wing, yang telah bergabung dengan akademi Urusan Olahraga dan berlatih di bawah pemenang Piala Thomas, Rashid Sidek.

“Teman dan keluarga saya memberi saya kata-kata penyemangat dan meminta saya untuk tidak menyerah pada impian saya dengan mudah. Tujuan utama saya adalah lolos ke Olimpiade Paris. Saya tahu ini mungkin terdengar tidak realistis dan sulit, tetapi saya akan mencoba yang terbaik."

“Tujuan langsung saya adalah menembus 100 besar dengan memenangkan gelar satelit karena saya sekarang berada di peringkat 264. Jika saya bisa melakukan itu dan mencapai 80 besar, maka saya bisa bersaing di World Tour. Jadi Paris 2024 bukan sepenuhnya mustahil," imbuhnya.

Chi Wing yakin bahwa dia membuat kemajuan dengan posisi ketiga yang layak dikreditkan di Purple League.

Setelah mengalahkan unggulan ketiga Yeoh Seng Zoe di babak pertama, Chi Wing melaju ke empat besar sebelum kalah tipis dari unggulan teratas Soong Joo Ven dalam lima pertandingan.

“Mungkin bukan turnamen besar, tapi mengingat performa saya turun signifikan sejak keluar dari BAM, menurut saya cukup memuaskan,” ucapnya.

“Tempat ketiga ini sangat berarti bagi saya. Saya telah menemukan kembali kepercayaan diri juga. Saya mempersiapkan turnamen ini selama beberapa bulan dan senang dengan apa yang telah saya capai," pungkasnya.

Artikel Tag: Lim Chi Wing, Purple League, Profesional

750  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini