Liga Super Bulutangkis China Beri Dampak Positif Kepada Chen Long

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 03 Sep 2020, 01:30 WIB
Liga Super Bulutangkis China Beri Dampak Positif Kepada Chen Long

Chen Long-Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Selama ini, Chen Long telah berlatih dengan baik dan kemampuan ofensifnya telah diperkuat. Pada 1 September, Liga Super Bulutangkis 2020 menyambut pertandingan keempat, juara tunggal putra Olimpiade Rio, Chen Long, yang bermain untuk Xiamen Tefang berhasil memastikan kemenangan atas Song Ransheng dari Universitas Sains dan Teknologi Shenzhen.

Selama pertandingan, Xia Xuanze, wakil ketua Federasi Badminton China juga berkomentar setelah menonton pertandingan anak didiknya.

Seperti semua pebulutangkis nasional, Chen Long sudah lama absen sejak All England Open Maret lalu. Sebagai veteran yang teruji dalam pertempuran, ketika Chen Long, yang pertama kali bergabung dengan Kamar Khusus Xiamen pada 29 Agustus musim ini, dia dengan terus terang mengaku bahwa dia gugup dan bersemangat.

"Dari All England Open hingga sekarang, saya belum memainkannya. Pertandingan pertama sangat mengasyikkan, tetapi saya sudah lama tidak bermain, dan saya tidak tahu apa yang bisa saya mainkan. Saya masih perlu perlahan-lahan menemukan performa saya sendiri melalui permainan. Stamina fisik yang dilatih pada periode sebelumnya digunakan," kata Chen Long, dikutip Sports Sina.

Dalam empat hari pertandingan pertama, Chen Long memainkan tiga pertandingan dan meraih tiga kemenangan berturut-turut, dan dia juga semakin baik.

"Saya telah berlatih dalam sesi tertutup, memperkuat kebugaran fisik saya, dan menemukan perasaan permainan melalui liga. Saya sedikit tidak terbiasa dengan permainan di awal."

Dalam pertandingan dengan Song Ransheng, serangan Chen Long meningkat dan efisiensi mencetak golnya lebih tinggi. Perubahannya juga telah ditegaskan oleh Xia Xuanze. "Tampaknya latihan ofensif telah efektif baru-baru ini," kata Xuanze.

Dari tiga pertandingan yang diselesaikan Chen Long di Liga Super Bulutangkis China 2020 ini, ia telah mengubah gaya menarik dan mengontrol sebelumnya, dan lebih sering mengadopsi pendekatan proaktif.

"Ini adalah ide pelatihan yang dicapai dengan staf pelatih beberapa waktu lalu, dan kami sedang mengerjakan aspek ini." Chen Long berkata.

"Melalui permainan ini, saya berharap menemukan beberapa hal baik, dan saya terutama menggunakan pelatihan untuk mengubah keseluruhan pemikiran saya sebelumnya tentang menarik dan menggantung. Dan kesadaran sekarang setelah Anda memiliki lebih banyak kesalahan, Anda akan memiliki lebih banyak tembakan aktif, tetapi pusat gravitasinya akan lebih tinggi. Sekarang saya masih menyesuaikan secara perlahan, dan terkadang tidak akan berhasil dengan baik."

Menghadapi perubahan semacam ini, Chen Long bersedia menerima. “Perubahan semacam ini adalah upaya baru, dan ini bagus.”

Tetapi sebagai veteran yang sudah berprestasi, perubahan apa pun tidaklah mudah, dan kebiasaan berpikir perlu diatasi.

Setelah dua musim, Chen Long kembali ke Liga Super Bulutangkis China. Sebagai seorang atlet yang berlatih di Fujian, ia kembali ke Klub Kamar Khusus Xiamen. Mengikuti Ruang Istimewa Xiamen, Chen Long telah mencapai hasil yang sangat bagus di Yu Chao.

Pada musim 2014-2015, ia membantu Xiamen Tefang menjuarai Badminton Super League untuk pertama kalinya. Musim ini Chen Long masih menjadi pemimpin Kamar Khusus Xiamen, tetapi barisan klub tidak sekuat dulu.

“Tahun ini stafnya tidak begitu rapi, tapi banyak juga wajah-wajah muda yang bergabung. Saya ingin membiarkan anak muda bermain sebanyak mungkin dan memberi mereka kesempatan, karena mereka sudah lama tidak bermain. Dan banyak dari mereka adalah anggota tim nasional kedua dan tim provinsi. Arena semacam ini adalah panggung mereka," jelas Chen Long.

Artikel Tag: Chen Long, Liga Super Bulutangkis China 2020, badminton china

1397  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini