Lee Zii Jia Lega Kembali ke Peringkat 10 Besar Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 30 Nov 2023, 14:30 WIB
Lee Zii Jia Lega Kembali ke Peringkat 10 Besar Dunia

Lee Zii Jia/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ini melegakan bagi Lee Zii Jia karena ia kembali masuk 10 besar peringkat dunia terbaru kemarin menyusul peningkatan drastis dalam penampilannya di beberapa turnamen Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sejak Asian Games di Hangzhou.

Pebulutangkis independen ini naik satu peringkat dari peringkat 11 dunia ke peringkat 10 dunia dalam peringkat dunia BWF setelah mencapai perempat final China Masters di Shenzhen pekan lalu.

Lee Zii Jia, yang pernah menduduki peringkat tertinggi No. 2 dunia tahun lalu tetapi kekalahan terus-menerus di babak penyisihan tur BWF membuat Zii Jia keluar dari 10 besar pada bulan Juni.

Keadaan tidak membaik ketika pemain berusia 25 tahun dari Alor Star itu turun ke peringkat 18 pada bulan Agustus.

Namun, segalanya mulai membaik di bawah bimbingan pelatih barunya Wong Tat Meng, yang memulainya pada bulan Juli. Ia mencapai perempat final Asian Games pada bulan September dan berhasil mengalahkan juara dunia Kunlavut Vitidsarn dari Thailand di babak kedua.

Lee Zii Jia memenangkan gelar pertamanya tahun ini dengan meraih gelar Arctic Open di Finlandia pada bulan Oktober dan menjadi runner-up di Denmark Open di Odense seminggu kemudian.

Posisinya saat ini menempatkannya di jalur yang tepat untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 di mana rekan senegaranya Ng Tze Yong juga berlomba untuk mendapatkan tempat kedua di tunggal putra Malaysia.

Tze Yong, yang turun peringkat dari peringkat 14 menjadi peringkat 15, harus melakukan debutnya di Paris 2024 selama ia tetap berada di posisi 16 besar hingga berakhirnya periode kualifikasi pada akhir April.

Di ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik turun satu peringkat dari peringkat 2 menjadi peringkat 3 tetapi hal itu diperkirakan tidak akan mempengaruhi peluang mereka untuk mendapatkan tempat di Olimpiade.

Aaron telah berbicara tentang aspirasi pasangan ini untuk merebut posisi No. 1 dunia dan bertujuan untuk mencapainya dengan tampil baik di Final Tur Dunia di Hangzhou pada 13-17 Desember.

Pasangan independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi tidak berubah di peringkat 11 sementara kombinasi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Man Wei Chong/Tee Kai Wun naik peringkat dari peringkat 20 menjadi peringkat 19 dunia.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, BWF Ranking

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-lega-kembali-ke-peringkat-10-besar-dunia
1128  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini