Lee Zii Jia Kandas, Tuan Rumah Harap Ganda Putra Berjaya di Malaysia Open

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 01 Jul 2022, 14:45 WIB
Lee Zii Jia Kandas, Tuan Rumah Harap Ganda Putra Berjaya di Malaysia Open

Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Harapan dan keinginan penggemar bulu tangkis Malaysia untuk menyaksikan wakilnya di final tunggal putra pupus. Salah satu andalan tuan rumah, Lee Zii Jia, secara mengejutkan gagal lolos ke perempat final Malaysia Open 2022. 

Unggulan kelima itu kalah pada rubber game 19-21, 21-19, 16-21 dari wakil asal Indonesia, Shesar Hiren Rustavito di di Axiata Arena di Kuala Lumpur, Kamis (30/6/2022) waktu setempat. Kekalahan ini membuat rekor pertandingan Lee Zii Jia yang saat ini berada di peringkat 5 dan Shesar Hiren Rustavito di peringkat 26 menjadi imbang 4-4.

Kekalahan ini menghentikan perjalanan Lee Zii Jia untuk menorehkan namanya sebagai juara di Malaysia Open. Lee belum berhasil mengikuti jejak seniornya, Lee Chong Wei, salah satu legenda bulu tangkis Malaysia, yang menjuarai Malaysia Open sebanyak 12 kali dengan koleksi terakhirnya pada edisi 2018. 

Bagi Vito sendiri, kemenangan ini mempertemukannya dengan unggulan kedua asal Jepang Kento Momota, yang di babak kedua mengalahkan Angus Ng Ka-long dari Hong Kong dengan tiga game 11-21, 21-8, 21-18. 

Rekor pertemuan Vito dan Kento Momota lebih berpihak pada Kento yang selalu menang di dua pertemuan sebelumnya, yakni di French Open 2021 dan Kejuaraan Dunia Junior 2011.

Dengan kekalahan Lee Zii Jia, harapan Malaysia untuk merebut gelar kini mengandalkan nomor ganda putra. Masih ada tiga pasangan, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. 

Untuk tiga pasangan ini, mereka harus menghadapi lawan tangguh untuk lolos ke semifinal. Goh Sze Fei/Nur Izzuddin akan menghadapi juara Indonesia Open 2022 dari China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Mereka pernah bertemu sekali, yaitu di German Open dan dimenangkan oleh Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. 

Kemudian, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi akan bertemu dengan unggulan keenam yang juga juara Indonesia Masters 2022 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari Indonesia. Tahun ini, kedua pasangan telah bertemu dua kali dan Alfian/Rian memenangkan Swiss Open dan Korea Open. Sementara itu, laga lainnya akan mempertemukan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 

Sebenarnya Malaysia juga masih memiliki satu wakil di ganda putri, Anna Cheong/Teoh Mei Xing. Namun, peluang mereka untuk lolos ke semifinal sangat sulit karena harus berhadapan dengan unggulan kelima asal Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Meski kedua pasangan belum pernah bertemu, peringkat Matsumoto/Wakana Nagahara jauh lebih baik di posisi keenam. Sementara Anna Cheong/Teoh Mei Xing berada di peringkat ke-44.

Di antara negara-negara peserta Malaysia Open 2022, China menjadi satu-satunya negara yang berhasil menempatkan wakilnya di semua nomor di perempat final Malaysia Open 2022. 

Di tunggal putra, Lu Guang Zu akan menghadapi Kunlavut Vitidsarn dari Thailand, juara dunia junior tiga kali. Di tunggal putri, China memiliki wakil lebih dari satu, yaitu Wang Zhi Yi, Han Yue, dan Chen Yu Fei. Wang Zhi Yi, peringkat 13, akan bertemu Line Kjaerfeldt dari Denmark, peringkat 29. Pertemuan di Malaysia Open 2022 ini akan menjadi pertemuan kedua setelah Wang Zhi Yi menang di final Piala Uber 2020. 

Sementara itu, Han Yue akan menantang unggulan kedelapan dari Thailand Ratchanok Intanon. Dari catatan pertemuan mereka, Ratchanok Intanon lebih diunggulkan karena selalu menang dalam empat pertandingan sebelumnya. Partai Chen Yu Fei, unggulan keempat, akan seru karena dia akan bertemu dengan unggulan keenam Nozomi Okuhara dari Jepang. Mereka sudah sepuluh kali bertemu dengan enam di antaranya dimenangkan oleh Chen Yu Fei yang juga peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Sama seperti di tunggal putri, di ganda putri, China juga melewati tiga wakil, yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, unggulan pertama, Du Yue/Li Wen Mei, dan Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Dua dari tiga pasangan akan bertemu ganda Indonesia. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan akan menghadapi Apriyani Rahayu/Siti Fadia. Dua pekan lalu, kedua pasangan bertemu di final Indonesia Open 2022 dan Chen/Jia menang 21-18, 21-14. Kemudian, Zhang Shu Xian/Zheng Yu akan bertemu dengan Ribka Sugiarto/Febby Valencia untuk pertama kalinya. Terakhir, Du Yue/Li Wen Mei akan melawan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong dari Korea Selatan.

Untuk ganda campuran Malaysia Open 2022, China juga memiliki lebih dari satu wakil. Unggulan kedua Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, dan unggulan keempat Wang Yilyu/Huang Dong Ping. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong akan kembali bertemu dengan pasangan Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue, yang diunggulkan di posisi kedelapan. Kedua pasangan ini bertemu di final Indonesia Masters tiga pekan lalu dan dimenangi oleh Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Sementara itu, Wang Yilyu/Huang Dong Ping akan menghadapi Kim Won-ho/Jeong Na-eun dari Korea Selatan.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Malaysia Open 2022, Shesar Hiren Rhustavito

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-kandas-tuan-rumah-harap-ganda-putra-berjaya-di-malaysia-open
1710  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini