Lee Zii Jia & BAM Sepakat Terkait Sponsor Menuju Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 13 Apr 2024, 22:00 WIB
Lee Zii Jia & BAM Sepakat Terkait Sponsor Menuju Piala Thomas 2024

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Sulit menjadi pebulu tangkis profesional di Malaysia. Tanyakan saja pada Lee Zii Jia. Kemarin, pemain nomor satu nasional Zii Jia harus menegaskan kembali bahwa ketika dia melangkah ke lapangan, dia bermain untuk Malaysia.

Namun sebagai seorang profesional, ia mempunyai kewajiban terhadap semua sponsor pribadinya karena mata pencahariannya bergantung pada sponsor tersebut.

Hal itu menurut Tim LZJ, adalah ''hak citra'' yang coba mereka junjung tinggi. Zii Jia adalah salah satu dari lima pemain tunggal yang ditunjuk untuk Final dari 27 April-5 Mei di Chengdu, Tiongkok, bersama dengan Ng Tze Yong, Leong Jun Hao, Cheam June Wei dan Justin Hoh.

Pemain ganda yang dipilih adalah Aaron Chia-Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani dan pemain cadangan Mohd Haikal Nazri.

Namun, pemain peringkat 11 dunia, Zii Jia, akan menjadi satu-satunya pebulu tangkis profesional yang mendapat kompensasi dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) untuk mengenakan seragam nasional.

Dan untuk menggarisbawahi rasa terima kasihnya kepada BAM, Zii Jia berterima kasih kepada mereka karena telah mempercayainya setelah terpilih ke Final.

"Terima kasih atas kepercayaan Anda yang terus-menerus kepada saya,” kata Lee Zii Jia melalui Instagram-nya segera setelah BAM mengumumkan daftar finalnya pada hari Jumat.

“Delapan huruf nama negara tercinta saya (Malaysia) jauh melebihi lima huruf nama saya yang ada di jersey saya.”

Badan nasional dan Tim LZJ harus menemukan situasi yang saling menguntungkan karena kedua belah pihak memiliki kewajiban terhadap sponsor yang berbeda.

Dan membayar kompensasi kepada Lee Zii Jia untuk mengenakan seragam nasional tampaknya menjadi cara terbaik untuk mengatasi masalah pelik ini. Tim LZJ berkata:

“Keinginan Lee Zii Jia untuk mewakili Malaysia tidak pernah dipertanyakan. Selalu ya, tapi sebuah peluang muncul dari kedua belah pihak untuk memajukan praktik olahraga 'hak citra' dalam olahraga Malaysia, yang merupakan aspek penting bagi seorang atlet profesional.”

“Kompensasinya... berkaitan dengan hak gambar ini. Meskipun kami bangga mengabdi pada negara, kami juga menghargai pentingnya hak citra yang penting bagi penghidupan seorang atlet profesional yang independen dari asosiasi."

 “Kami senang BAM menyadari hal ini dan mendukung keberadaan atlet profesional. Harapan kami adalah kita semua dapat melihat ini sebagai kemajuan dalam olahraga ini, tidak hanya bagi kami namun juga bagi masa depan para profesional yang mewakili negara ini. Mari fokus untuk menciptakan sesuatu yang istimewa di Final Piala Thomas.”

Sebelumnya, kepala administrasi BAM Michelle Chai mengatakan keputusan mereka merupakan keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan diperlukan untuk mengirimkan tim terbaik ke Final.

“Zii Jia berkomitmen bermain untuk negara tetapi kompensasi diperlukan agar dia bisa mengenakan seragam nasional, yang merupakan mitra komersial kami,” kata Michelle.

“Zia Jia bukan lagi bagian dari BAM dan kami harus bersikap adil padanya. Kami belum pernah melakukan ini sebelumnya, tetapi saya yakin ini adalah keputusan terbaik yang akan menguntungkan kedua belah pihak,” tambahnya.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, ng Tze Yong, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-bam-sepakat-terkait-sponsor-menuju-piala-thomas-2024
787  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini