Lee Zii Jia Adalah Suksesor Yang Tepat Untuk Lee Chong Wei

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 23 Mar 2021, 18:15 WIB
Lee Zii Jia Adalah Suksesor Yang Tepat Untuk Lee Chong Wei

Lee Zii Jia/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Kemenangan penting Lee Zii Jia di All England tentunya merupakan momen yang menggembirakan bagi Malaysia di era pandemi. Ini juga menawarkan harapan bahwa bulu tangkis Malaysia akhirnya menemukan pengganti yang cocok untuk mantan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei.

Di All England, Lee Zii Jia menunjukkan ketenangan dan kekuatan mental yang hebat untuk mengalahkan pemain peringkat 1 dunia, Kento Momota dan peringkat 2 dunia asal Denmark, Viktor Axelsen dalam perjalanan menuju juara tunggal putra.

Kemenangan 30-29, 20-22 dan 21-9 pemain berusia 23 tahun itu atas Victor Axelsen menunjukkan bahwa ia dapat mempertahankan kegelisahannya dalam situasi tekanan tinggi selama pertandingan.

Lee Zii Jia pasti memiliki silsilah untuk menjadi juara dunia dan Olimpiade, tapi jangan terbawa suasana.

Banyak penggemar sekarang membandingkan Zii Jia dengan juara dunia asal China, Chen Long karena mereka memiliki karakteristik yang sama dalam gaya bermain. Keduanya adalah pemain menyerang dan memiliki smash yang kuat. Namun, ini masih hari-hari awal untuk memulai.

Tapi Zii Jia tentunya memiliki skill dan kekuatan mental, yang tidak dimiliki sebagian besar pemain Malaysia, untuk menopang dan mengalahkan para pemain top meski sudah mendekati Lee Chong Wei. 

Dunia sekarang berada di kaki Zii Jia karena dia pasti memiliki potensi untuk menjadi sesukses Lee Chong Wei atau bahkan lebih baik dari peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu.

Namun, ada juga kekhawatiran. Dia mungkin gagal mewujudkan potensi penuhnya seperti mantan juara All England, Hafiz Hashim dan sejumlah mantan pebulutangkis top Malaysia lainnya.

Masih ada beberapa inkonsistensi yang perlu diatasi oleh Zii Jia. Sebelum All England, Zii Jia tampak letih ketika bulu tangkis dilanjutkan di bawah awan Covid-19. Ia gagal bersinar di tiga turnamen di Bangkok dan Swiss Open.

Federasi Badminton Malaysia (BAM) harus merencanakan dan membantu Zii Jia sesuai untuk mencapai kehebatan karena kelahiran Kedah pasti memiliki potensi untuk mengacaukan buku performa di Olimpiade Tokyo, terutama setelah mengalahkan dua pemain terbaik di dunia di Birmingham.

Saran untuk Zii Jia adalah menikmati momen All England nya dan segera kembali ke lapangan untuk melatih permainannya saat ia tiba di Kuala Lumpur. Dia seharusnya hanya memikirkan dirinya sendiri, menjadi egois dan hanya bekerja dengan pelatihnya.

Banyak pebulutangkis lokal yang gagal karena mereka tidak bisa menjadi pusat perhatian dan popularitas, dan Zii Jia harus menghindari jebakan ini. Dia perlu mengingatkan dirinya sendiri bahwa memenangkan satu acara bergengsi hanyalah awal dari hal-hal yang lebih baik yang akan datang. Ada banyak turnamen bergengsi untuk dimenangkan.

Akan bijaksana juga bagi pebulutangkis untuk menghindari membaca koran karena artikel, baik atau buruk, dapat mempengaruhinya sebelum tugas prioritas.

BAM perlu melindunginya dalam semua aspek karena Zii Jia bukan lagi berlian kasar. Dia sekarang adalah permata yang dipotong dengan baik dan dipoles dengan usia di pihaknya untuk membawa permainannya ke level berikutnya dan membawa kesuksesan.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, lee chong wei, All England 2021

663  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini