Lee Chong Wei Harap Para Pemain Saling Membantu Dalam Masa Sulit Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 29 Okt 2020, 17:15 WIB
Lee Chong Wei Desak Para Pemain Saling Membantu Di Masa Pandemi

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton : Mantan pemain nomor 1 dunia, Lee Chong Wei telah memberi tahu para atlet nasional untuk menghitung berkat yang mereka terima dan menggunakan waktu istirahat ini untuk berpikir di luar bulu tangkis.

Saat pandemi Covid-19 terus melanda dunia, banyak atlet yang tidak bermain di kompetisi selama lebih dari setengah tahun. Chong Wei, yang pensiun tahun lalu, merasa kasihan pada para atlet ini tetapi memperingatkan mereka agar tidak melupakan hal-hal yang lebih mendesak.

“Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya tidak pernah mengalami pandemi dalam karir bermain saya. Namun, saya kasihan pada para atlet. Saat-saat sulit, tapi kami perlu menghitung berkat kami," Lee Chong Wei mengawali.

"Pemain nasional, misalnya, masih memiliki atap di atas kepala mereka, memiliki makanan di atas meja, dan yang lebih penting, memiliki pendapatan tetap."

"Saya ingin para atlet ini memperhatikan begitu banyak orang lain yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan selama masa-masa sulit ini," ungkap peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu kepada Timesport.

Lee Chong Wei yang kini berusia 38 tahun, mengatakan dia telah melakukan kontak dekat dengan presiden Badminton Malaysia (BAM) Tan Sri Norza Zakaria dan Menteri Olahraga Datuk Seri Reezal Merican Naina Merican, menawarkan keahliannya jika memungkinkan.

"Sebagai CDM untuk kontingen Olimpiade Malaysia, saya ingin membantu. Saya tidak bisa melakukan semuanya sendiri, tetapi saya mencoba membantu dengan apa pun yang saya bisa," katanya.

"Saya telah berhubungan dekat dengan Menteri Olahraga dan presiden BAM, dan saya tahu tidak mudah mempertahankan olahraga sekarang."

"Tapi kita harus bersabar. Kita menghadapi sesuatu yang tidak bisa kita lihat. Bahkan sponsor saya telah memotong hampir 50 persen karena semua orang sedang berjuang sekarang. Tetap disiplin dan ikuti SOP karena kami tidak mampu memperburuk keadaan," imbuh Chong Wei.

"Dapatkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi jika seorang atlet melanggar SOP dan tertular virus corona? Kami tidak menginginkan itu. Saya tahu sebagian besar atlet menjadi cemas tanpa turnamen, dan beberapa merasa bosan dan kehilangan minat."

"Tapi cobalah untuk berpikir di luar naluri. Mungkin sekarang saat yang tepat untuk mencoba sesuatu yang baru. Norza telah memberi lampu hijau kepada para pebulutangkis untuk mengambil sesuatu yang baru. Mungkin kursus singkat untuk memperbaiki diri," Chong Wei menambahkan.

Lee Chong Wei juga menghimbau kepada para pemain untuk menggunakan waktu selama pandemi untuk meningkatkan kemampuan mereka, termasuk dalam hal bahasa.

"Jika Anda merasa bahasa Inggris Anda lemah, mungkin sekarang adalah waktu terbaik untuk mendaftar kursus bahasa singkat. Apa yang saya katakan adalah kita dalam hal ini bersama-sama," katanya.

"Kami perlu bekerja sebagai tim dan saling membantu," imbuh Chong Wei, yang sekarang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah bersama keluarganya.

Dengan Conditional Movement Control Order (CMCO) diperpanjang hingga 9 November, pebulutangkis nasional hanya dapat berharap agar acara tim campuran pada 26-29 November terwujud, serta Kejuaraan Nasional pada bulan Desember.

Pemain top Malaysia seperti Lee Zii Jia dan Aaron Chia-Soh Wooi Yik juga berharap bulutangkis internasional akan tampil maksimal dengan leg Asia di World Tour pada bulan Januari di Bangkok.

Artikel Tag: lee chong wei, pemain, Malaysia

638  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini