Kontroversi Pemain India Harus Pakai Jilbab Saat Penyerahan Medali di Iran

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 06 Feb 2023, 20:00 WIB
Kontroversi Pemain Putri India Disuruh Memakai Jilbab Saat Penyerahan Medali di Iran

Tanya Hemanth/[Foto:Times of India]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tanya Hemanth dari Karnataka merebut gelar tunggal putri di turnamen bulu tangkis Iran Fajr International Challenge di Teheran pada hari Minggu tetapi harus mengenakan jilbab sebelum penyerahan medali emasnya.

Unggulan kedua Tanya Hemanth yang berusia 19 tahun, yang berlatih di Akademi Bulutangkis Prakash Padukone, mengalahkan juara bertahan dan rekan senegaranya Tasnim Mir dalam waktu 30 menit.

Gadis Bengaluru melaju di game pertama, melewati sedikit perlawanan dari unggulan teratas di game kedua sebelum mencatatkan kemenangan 21-7, 21-11.

Rupanya, pihak penyelenggara meminta Tanya untuk mengenakan jilbab pada acara penyerahan medali yang merupakan salah satu konvensi acara tersebut. Praktik itu juga lazim dilakukan tahun lalu ketika Tasnim memenangkan mahkota.

Sumber-sumber bulutangkis mengatakan kepada TOI bahwa penyelenggara telah memperjelas bahwa jilbab adalah wajib bagi peraih medali putri meskipun prospektus turnamen tidak menyebutkan aturan berpakaian podium.

“Prospektus berbicara tentang aturan pakaian dalam peraturan kompetisi Federasi Bulu Tangkis Dunia, yang sebagian besar umum di turnamen di seluruh dunia. Meskipun kami tahu bahwa jilbab adalah suatu keharusan ketika wanita keluar di Teheran, tidak ada penyebutan khusus tentang penggunaannya selama turnamen,” kata sumber tersebut.

Pebulutangkis wanita tidak menghadapi batasan seperti itu selama pertandingan mereka yakni legging atau jilbab, tetapi tidak ada penonton pria yang diizinkan menonton mereka bermain.

Sebuah stiker di pintu masuk, yang mengatakan 'laki-laki tidak diizinkan', tidak membedakan antara pelatih pemain wanita atau orang tuanya. Keduanya dilarang memasuki stadion jika mereka laki-laki.

Menariknya, turnamen tersebut memiliki menu ganda campuran, dilaporkan untuk pertama kalinya, yang diikuti oleh 10 pasangan dari seluruh dunia.

“Jadwal perempuan di pagi hari dan laki-laki di sore hari. Hanya penonton wanita yang diizinkan menonton pertandingan wanita. Juga, ofisial pertandingan semuanya wanita dalam pertandingan wanita. Orang tua laki-laki yang menemani putri mereka ke pertemuan ini tidak sempat menonton satu pertandingan pun. Hanya di ganda campuran, pemain putra dan putri terlihat bersama di lapangan,” kata sumber tersebut.

Kebetulan, 13 pebulutangkis putri India ikut bertarung bersama dengan satu pasangan nomor ganda di Iran Fajr International Challenge 2023.

Artikel Tag: Iran International Challenge 2023, Tanya Hemanth, Tasnim Mir

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kontroversi-pemain-india-harus-pakai-jilbab-saat-penyerahan-medali-di-iran
707  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini