Kemenangan di Australia Open Buat Beiwen Zhang Percaya Diri Menuju Kejuaraan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 17 Agu 2023, 19:45 WIB
Kemenangan di Australia Open Buat Beiwen Zhang Percaya Diri Menuju Kejuaraan Dunia

Beiwen Zhang/[Foto: Badminton Photo]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kemenangan SATHIO GROUP Australian Open menjadi spesial bagi Beiwen Zhang. Itu adalah gelar pertamanya dalam lima tahun; lebih penting lagi, itu menandai dua tahun setelah dia menderita cedera Achilles yang serius di Olimpiade Tokyo.

Setelah menembus 10 besar sekali lagi yang merupakan peringkat terbaiknya sejak Agustus 2019, Beiwen Zhang telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa. Pemain berusia 33 tahun itu telah menemukan performa tepat menjelang Kejuaraan Dunia BWF TotalEnergies, dan lawan akan waspada.

Kutipan dari sebuah wawancara:

Apa arti menjuarai Australia Open bagi Anda?

"Saya tidak terlalu memikirkannya. Karena di turnamen-turnamen sebelumnya, saya tidak bermain stabil, jadi saya tidak berharap untuk bermain stabil di setiap pertandingan, dan saya tidak berharap untuk pergi ke final," kata Beiwen Zhang mengawali.

"Saya bersiap untuk pertandingan yang sulit dengan Sindhu (perempat final) karena biasanya permainan kami sangat dekat. Saya terkejut bahwa saya bisa mengalahkannya dengan mudah. Dia tidak bisa mengendalikan shuttecock."

"Memenangkan turnamen ini memberi saya banyak kepercayaan diri, itu memberi tahu saya apa yang berhasil selama setahun terakhir. Saya dapat melihat diri saya menjadi lebih baik, mendapatkan kembali level saya, dan saya dapat melihat dari video saya bahwa saya bergerak dengan lancar di lapangan. Mulai dari All England, kecepatan saya terlihat berbeda," ungkapnya.

Ini adalah kemenangan turnamen pertama Anda dalam lima tahun yang terakhir adalah India Open pada 2018. Apakah itu membuatnya istimewa?

"Itu tentang keberuntungan. Saya sering berada di final tetapi saya tidak bisa menang. Terkadang itu adalah kondisi saya terkadang Anda tidak memiliki hari yang baik. Mungkin untuk lima pemain teratas, meski mengalami hari yang buruk, mereka bisa memiliki peluang untuk menang. Tapi bagi saya, saya tidak stabil," katanya.

Anda kembali ke 10 besar. Itu pencapaian yang luar biasa, mengingat keseriusan cederanya dua tahun lalu.

"Saat ini, kondisi saya lebih baik karena saya memiliki fisio yang saya bagikan dengan pemain Tionghoa Taipei. Jadi saya bisa bermain tanpa cedera serius. Terakhir kali ketika saya berada di peringkat No.9, saya selalu cedera. Di tahun 2017 saya bermain bagus beberapa kali, dan kemudian saya harus mundur dari turnamen lain karena cedera, kebanyakan di betis saya," kata Zhang.

"Saya selalu positif. Fisioterapi saya bertanya apa yang saya pikirkan, tetapi saya tidak terlalu banyak berpikir; Anda tidak bisa berbuat banyak pada saat itu. Santai saja dan lakukan apa yang Anda bisa pada saat itu. Karena orang akan selalu khawatir tentang masa depan. Tapi saya pikir Tuhan akan memberi tahu saya jalannya. Saya hanya melakukan yang terbaik setiap hari. Jika sudah waktunya istirahat, saya akan istirahat. Jika sudah waktunya untuk bekerja, saya akan pergi bekerja. Lebih baik berpikir seperti itu. Fisio saya mengatakan kebanyakan orang sangat khawatir, dan kemudian mereka tidak bisa bergerak. Mereka khawatir tentang ini dan itu dan mereka tidak bisa bergerak maju."

Mempertimbangkan seberapa keras Anda harus bekerja sebagai pemain independen untuk mencapai posisi yang Anda miliki, Anda tidak pernah merasa tidak beruntung dengan cederanya?

"Tentu saja, selama satu atau dua hari, Anda berpikir 'kenapa saya?' Tetapi kemudian Anda harus berpikir bahwa titik awal setiap orang sama, tetapi hasil akhirnya berbeda. Anda tidak dapat membandingkan diri Anda dengan orang lain. Ini seperti keluarga tempat Anda dilahirkan Anda tidak dapat memilih keluarga Anda."

"Hidupmu berbeda dari orang lain. Jika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain, tentu itu akan membuat Anda kecewa. Anda harus memikirkan apa yang Anda miliki. Anda harus memegangnya dan membuatnya lebih baik," Beiwen Zhang menambahkan.

Anda sedang berlatih di Denmark. Apakah Kejuaraan Dunia di Kopenhagen terasa seperti acara rumah?

"Tidakā€¦ Saya belum pernah memainkan turnamen apa pun di Kopenhagen, selain pertandingan liga, yang berbeda. Semoga saya tidak seperti hari ini. Aku sangat lelah hari ini. Mungkin aku terlalu santai. Saya harus kembali ke suasana kompetisi saya," katanya.

Apa yang Anda dapatkan dari undian Anda?

"Saya senang. Saya sangat ingin melawan An Se Young. Bagi saya, semua turnamen itu seperti latihan, karena saya tidak memiliki sparring partner berkualitas tinggi, jadi jika saya mendapatkan lawan yang bagus, dan jika saya bisa mendapatkan sesuatu dari permainan saya, itu bagus! Saya tidak takut kalah," kata Zhang.

"Saya tidak menetapkan tujuan. Setiap turnamen penting bagi saya, karena saya akan pensiun setelah Olimpiade, jadi saya ingin meningkatkan level saya sebelum saya pensiun. Saya tidak sabar untuk melawan An Se Young, karena tahun lalu saya juga memerankannya. Saya bermain sangat buruk karena kaki saya tidak aktif seperti sekarang, jadi saya ingin melihat perbedaannya kali ini," Beiwen Zhang menyimpulkan.

Artikel Tag: Beiwen Zhang, Australia Open 2023, BWF Kejuaraan Dunia 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kemenangan-di-australia-open-buat-beiwen-zhang-percaya-diri-menuju-kejuaraan-dunia
1844  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini