Kate Foo Kune, Pebulutangkis Cantik Perintis di Benua Afrika

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 01 Jul 2020, 09:00 WIB
Kate Foo Kune, Pebulutangkis Cantik Perintis di Benua Afrika

Kate Foo Kune/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton: Pemain Center of Excellence, Kate Foo Kune, telah melakukan banyak hal untuk mewakili bulu tangkis Afrika jauh dan luas. Dia sekarang merefleksikan apa yang akan terjadi di masa depan untuk dia dan benuanya.

Peraih medali emas All African Games tahu apa yang diperlukan untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional yang datang dari Afrika. Untuk Foo Kune, itu sudah termasuk banyak perjalanan ke berbagai negara dalam mengejar tujuannya. Berbagi apa yang menjadi tantangan terbesar dalam karirnya, katanya.

"Yah, pasti itu fakta bahwa saya berada di belakang dalam bulu tangkis saya dibandingkan dengan yang lain. Saya memiliki teknik yang jauh lebih buruk daripada yang lain dan tidak memiliki pengalaman," kata Foo Kune, dikutip dari Badminton Europe.

"Merupakan tantangan nyata untuk pindah dari tempat saya berada di bulu tangkis ke tempat saya sekarang, tetapi saya benar-benar bersyukur bahwa semua waktu ini terbayar. Intinya dan pelajaran paling penting yang saya ambil dari ini adalah bahwa Anda dapat mencapai tujuan apa pun yang Anda tetapkan sendiri jika Anda cukup berdedikasi," ungkapnya.

Salah satu prestasi besar untuk pemain tunggal putri Mauritius ini adalah mewakili negaranya di Olimpiade Rio 2016. Mengomentari hal ini, ia menambahkan: "Itu adalah tahun tersulit dalam karir saya mencoba untuk lolos ke kejuaraan dan saya sangat bersyukur saya berhasil di sana."

Foo Kune, Juara Afrika empat kali sekaligus juara bertahan, membahas apa artinya menjadi pemain nomor satu di benua itu.

"Itu sangat berarti. Saya memiliki catatan gelar tunggal putri paling banyak di Afrika. Saya tahu berapa banyak pekerjaan yang saya lakukan setiap hari, berapa banyak pengorbanan yang dibutuhkan dan menjadi pemain terbaik di Afrika adalah representasi dari semua itu," katanya.

Setelah mengalami adegan bulu tangkis Afrika, memenangkan medali di Republik Kongo, Mesir, Nigeria, Aljazair, Afrika Selatan, Botswana, Maroko, Uganda, Zambia dan tentu saja, Mauritius, Foo Kune secara unik ditempatkan untuk mengomentari apa yang akan terjadi di masa depan untuk bulu tangkis Afrika.

"Saya berharap lebih banyak pemain akan mencapai level internasional. Saya melihat banyak talenta tetapi tidak ada infrastruktur yang memadai, pelatih yang tepat, dan dana di sana. Saya berharap bahwa di masa depan Afrika akan memiliki budaya bulu tangkis yang baik," harap Foo Kune.

Artikel Tag: Kate Foo Kune, Badminton Afrika, Badminton Eropa

1729  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini