Kandaskan Juara Eropa, Pearly/Thinaah Juara Swiss Open 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 08 Mar 2021, 13:30 WIB
Pearly dan Thinaah Juara Swiss Open 2021

Pearly Tan-M Thinaah/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pasangan ganda putri Pearly Tan dan M. Thinaah membuktikan bahwa mereka adalah bintang yang tengah menanjak ketika mereka merebut gelar Swiss Open hanya dalam 10 start mereka di World Tour dan 21 bulan setelah kemitraan mereka.

Pasangan peringkat 30 dunia itu berhasil meraih kemenangan komprehensif 21-19 dan 21-12 atas pasangan bersaudara Stoeva, Gabriela dan Stefani, pasangan peringkat 14 dunia dari Bulgaria dalam waktu 43 menit di St Jakobshalle di Basel kemarin.

Itu adalah gelar keempat Pearly dan Thinaah dalam karir mereka, tetapi tentu saja yang terbesar karena kemenangan mereka sebelumnya semuanya berasal dari turnamen satelit pada 2019, tahun mereka memulai kemitraan mereka.

Mereka membuat dampak sejak awal, memenangkan Seri Internasional Malaysia di turnamen pertama mereka bersama-sama dan kemudian merebut dua gelar lagi di India International Challenge dan Bangladesh International Challenge.

Pasangan itu kemudian mengambil tempat yang mereka tinggalkan di musim yang dipersingkat pandemi tahun lalu.

Pada bulan Februari, Pearly dan Thinaah bersulang untuk tim Malaysia yang lolos ke Final Piala Uber berdasarkan prestasi untuk pertama kalinya sejak 2008.

Saat itu, mereka membantu Malaysia mengalahkan Taiwan 3-1 untuk lolos ke semifinal Kejuaraan Beregu Asia, yang sekaligus sebagai kualifikasi untuk Final Piala Uber.

Absennya mereka yang lama dari turnamen internasional tampaknya tidak mempengaruhi mereka karena mereka melanjutkan kemitraan mereka yang berkembang dengan mencapai perempat final Thailand Open pada bulan Januari, suatu prestasi yang mendorong mereka ke peringkat 30 dunia.

Dengan kemenangan kemarin, Pearly dan.Thinaah diproyeksikan naik ke peringkat 22 dunia saat daftar peringkat dunia diperbarui hari ini.

Kemenangan di Basel kemarin juga membuat Pearly dan Thinaah mengukir nama mereka dalam sejarah turnamen sebagai pemain putri Malaysia pertama yang menjadi juara sejak dimulainya kompetisi pada tahun 1955.

Mereka juga mengakhiri paceklik gelar selama 12 tahun di Malaysia dalam pertandingan tersebut sejak Lee Chong Wei dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong membuat kebahagiaan ganda dengan memenangkan gelar tunggal putra dan ganda putra di Swiss Open.

Bagi Stoeva bersaudara, ketiga kalinya masih belum bersinar karena kekalahan berarti mereka harus puas dengan yang terbaik kedua untuk ketiga kalinya di final Swiss Open. Pasangan Bulgaria itu menjadi runner-up pada 2017 dan 2018.

Artikel Tag: Pearly Tan, M Thinaah, Swiss Open 2021, Stoeva

719  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini