Jika Tak Cedera Punggung, Iskandar Zulkarnain Bisa Jadi Penerus Lee Chong Wei

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 03 Agu 2020, 07:00 WIB
Jika Tak Cedera Punggung, Iskandar Zulkarnain Bisa Jadi Penerus Lee Chong Wei

Iskandar Zulkarnain/[Foto: The Star]

Berita Badminton: Suatu ketika, Iskandar Zulkarnain pernah dianggap sebagai tunggal putra terbaik setelah legenda bulu tangkis Malaysia, Datuk Lee Chong Wei. Bagaimanapun, cedera punggung menghambat kemajuannya, dan Iskandar yang kini berusia 29 tahun masih menantikan untuk melanjutkan karirnya sebagai pebulutangkis.

Iskandar, yang pernah memenangkan kejuaraan nasional Malaysia, menganalisis sejarah mentalnya sendiri. Dia percaya bahwa karirnya cukup kuat, tiba-tiba dia dikeluarkan dari tim nasional Malaysia dan pelatih tidak ingin membimbingnya lagi. Pada akhirnya, dia tidak punya pilihan selain meninggalkan tim nasional.

"Pada akhir 2016, saya didiagnosis dengan masalah tulang rawan. Dokter menyarankan saya untuk menyembuhkan cedera saya selama 6 bulan. Saya benar-benar kecewa pada saat itu. Rasa sakit pada cedera punggung membuat saya tidak bisa berbaring dengan mudah, yang juga mempengaruhi kualitas tidur saya. Pengalaman saya sangat sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan pada tahap ini," kenang Iskandar, dikutip dari Sports Sina.

Meskipun Iskandar telah dipukul berulang kali, seperti dikeluarkan dari daftar undangan pelatihan Piala Thomas 2020, dan tidak bermain untuk Malaysia di All England dan Kejuaraan Dunia, ia tidak pernah memiliki ide untuk pensiun dan masih berharap untuk melanjutkan karir bulutangkisnya.

Saat ini, Iskandar telah bergabung dengan Akademi Badminton Bidang Olahraga dan dilatih oleh Ismail Samad selama satu tahun.

"Ini benar-benar membuat frustrasi. Ketika saya masih remaja, saya dulunya tunggal putra nomor 1 di tim nasional, tetapi karena kesulitan dalam proses promosi dari tim pemuda ke tim dewasa, saya menghadapi banyak kejutan budaya dan masalah penyesuaian ketika saya berada di tim elit," ungkapnya.

Iskandar mengakui bahwa usianya saat ini telah memaksanya untuk menerima kenyataan, dan ia juga menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bekerja cukup keras ketika ia masih muda.

"Sebenarnya, saya tidak memenuhi syarat untuk memperjuangkan kesempatan, tetapi cedera punggung sebelumnya menyebabkan penurunan peringkat, dan selama periode pemulihan saya kebetulan mengalami SEA Games dan Kejuaran Dunia," tegas Iskandar.

Artikel Tag: Iskandar Zulkarnain, lee chong wei, bam

570  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini