Jalan Terjal India Pertahankan Gelar Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 25 Mar 2024, 13:30 WIB
Jalan Terjal India Pertahankan Gelar Piala Thomas 2024

Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty/[Foto:AP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : India harus waspada sejak awal jika ingin mempertahankan gelar Piala Thomas. Tim ini yang menggemparkan dunia dengan merebut gelar beregu bergengsi untuk pertama kalinya pada edisi terakhir tahun 2022, kali ini tergabung dalam Grup C yang sulit bersama juara 14 kali, Indonesia, Thailand, dan juga Inggris.

Turnamen beregu dua tahunan ini akan diadakan mulai 27 April hingga 5 Mei di Chengdu China .

Pertandingan yang menonjol di grup ini adalah India akan menghadapi Indonesia dalam ulangan final tahun 2022 di mana mereka mengejutkan Indonesia dengan skor telak 3-0.

Namun tim Hindustan perlu meningkatkan level mereka untuk mengulangi aksi heroik mereka setelah kalah 2-3 dari tim Jepang yang kekurangan kekuatan di perempat final Kejuaraan Beregu Asia di Shah Alam bulan lalu, yang juga bertindak sebagai kualifikasi wilayah Asia di Piala Thomas.

Sementara India, yang dipimpin oleh pasangan ganda putra peringkat 1 dunia Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, sudah memastikan tempat di Chengdu karena menjadi juara bertahan, tersingkirnya babak delapan besar masih merupakan hasil yang mengecewakan bagi tim berkekuatan penuh.

Masalah mendesak lainnya bagi India adalah performa pemain tunggal nomor satu di negara itu H.S. Pranoy.

Pmain peringkat 9 dunia itu menjalani tahun 2023 yang luar biasa di mana ia meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia dan Asian Games Hangzhou, dan memenangkan gelar World Tour pertamanya di Malaysia Masters, tetapi ia mengalami penurunan performa yang mengkhawatirkan tahun ini.

Prannoy, yang juga berperan penting dalam kemenangan Piala Thomas di India, kalah di babak pembukaan di semua turnamen individu tahun ini kecuali di kandang sendiri di India Terbuka di mana ia berhasil mencapai semifinal.

Pemain berusia 31 tahun itu juga dikalahkan oleh pemain Jepang peringkat 12 dunia Kenta Nishimoto pada pertandingan perempat final pertemuan tim Asia untuk memberi Jepang keunggulan awal.

Secara keseluruhan, Prannoy hanya memenangkan satu dari tiga pertandingannya di kompetisi melawan Weng Hongyang dari China.

Tim Hindustan juga tidak memiliki pasangan ganda kedua yang kuat dan harus sangat bergantung pada Rankireddy-Shetty dan pemain tunggal lainnya Lakshya Sen dan K. Srikanth untuk mendapatkan poin jika Prannoy tidak menemukan kembali bentuk terbaiknya.

Meskipun Indonesia kan menjadi rival utama India di grup ini, Thailand juga tidak akan mudah menyerah.

Thailand memiliki juara dunia tunggal Kunlavut Vitidsarn di barisan mereka dan pasangan ganda berbahaya Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Peringkat 24 dunia Supak-Kittinupong membuktikan kemampuan mereka dengan menyikat pasangan peringkat 3 dunia Liang Weikeng-Wang Chang dari Tiongkok, peringkat 8 dunia Liu Yuchen-Ou Xuanyi dan pemain Denmark Kim Astrup-Anders Skaarup Rasmussen (No. 4) tahun ini .

Pemain Thailand juga dikenal karena semangat tim yang kuat dan kualitas bertarung mereka dalam pertandingan beregu.

Artikel Tag: India, Indonesia, thailand, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/jalan-terjal-india-pertahankan-gelar-piala-thomas-2024
766  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini