Goh Liu Ying Keluhkan Sparing Partner Berkualitas di Tim Nasional

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 25 Apr 2022, 11:15 WIB
Goh Liu Ying Keluhkan Sparing Partner Berkualitas di Tim Nasional

Goh Liu Ying-Chan Peng Soon/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Goh Liu Ying percaya bahwa kurangnya sparring partner yang berkualitas adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh pebulu tangkis ganda campuran di Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

Mantan peraih medali perak Olimpiade itu mengatakan mantan juniornya telah berjuang untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Chan Peng Soon dan dia ketika mereka berpisah tahun lalu.

Pasangan peringkat tertinggi di BAM adalah Hoo Pang Ron/Cheah Yee See (No. 23), diikuti oleh Chen Tang Jie/Pek Yen Wei (No. 30), tetapi mereka berjuang untuk konsistensi.

Dua pasangan teratas di negara ini adalah peringkat 9 dunia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan peringkat 13 dunia Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie tetapi kedua pasangan tidak bermain di bawah panji BAM lagi.

“Tidak ada sparring partner yang berkualitas untuk para pemain di bawah BAM. Terakhir kali ketika saya masih di sana, Anda dari lima pasangan berada di peringkat 15 besar. Kami selalu bekerja sama dan saling membantu. Masalahnya ini (kualitas sparring) saat ini kurang,” kata Goh Liu Ying.

Bentuk Pang Ron-Yee See khususnya telah mengkhawatirkan akhir-akhir ini.

Pasangan ini tampil luar biasa di Piala Sudirman tahun lalu di Vantaa, Finlandia, di mana mereka membuat kejutan besar dengan mengalahkan peringkat kelima asal Indonesia, Praveen Jordan/Melati Oktavianti di perempat final untuk membawa Malaysia finis empat besar pertama mereka dalam 12 tahun.

Pang Ron-Yee See juga mengejutkan petenis nomor 10 dunia asal Inggris, Marcus Ellis-Lauren Smith di babak grup. Mereka diharapkan untuk bersinar lebih jauh setelah tim bertemu tetapi tidak konsisten sejak itu dan belum mencapai perempat final tahun ini.

Sementara itu, Tang Jie/Yen Wei kehilangan peluang emas untuk memenangkan gelar tahun ini ketika mereka kalah 15-21, 18-21 dari Terry Hee/Tan Wei Han Singapura di Indian Open pada Januari.

Goh Liu Ying merasa bahwa kedua pasangan membutuhkan lebih banyak eksposur tingkat atas untuk kemajuan.

“Mereka bisa melakukannya dengan baik di satu atau dua turnamen tetapi tidak bisa mempertahankan performa mereka dan ini bisa jadi karena kurangnya pengalaman. Selain itu, mereka perlu lebih fokus untuk meningkatkan aspek mental dalam permainan mereka,” kata pemain berusia 32 tahun itu.

Pang Ron-Yee See dan Tang Jie/Yen Wei akan mencari pukulan di lengan saat mereka bersiap untuk SEA Games di Vietnam dari 12-23 Mei.

Keduanya akan melakukan debut mereka dan akan putus asa untuk mengakhiri penantian 23 tahun Malaysia untuk medali emas di ganda campuran, yang terakhir dimenangkan oleh Chew Choon Eng/Chor Hooi Yee pada tahun 1999. Sebelumnya, kedua pasangan akan berlaga di Kejuaraan Asia di Filipina pada 26 April-1 Mei mendatang.

Artikel Tag: Goh Liu Ying, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/goh-liu-ying-keluhkan-sparing-partner-berkualitas-di-tim-nasional
869  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini