Duh! Tunggal Putri Indonesia Kalah Semua, Begini Respon Pelatih

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 14 Jan 2021, 12:00 WIB
Tunggal Putri Indonesia Tak Tersisa, Begini Respon Pelatih

Ruselli Hartawan/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Sektor tunggal putri Indonesia harus mengubur mimpi untuk melangkah lebih jauh di turnamen bergengsi Thailand Open World Tour Super 1000 yang berhadiah total USD 1.000.000 atau berkisar 15 miliar rupiah.

Wakil tunggal putri yang tampil, Ruselli Hartawan, gagal memanfaatkan absennya para pemain top dunia saat kalah dari pemain non unggulan asal tuan rumah Thailand, Supanida Katethong dua game langsung yang cukup mudah 14-21 dan 16-21.

Diatas kertas, Ruselli Hartawan yang saat ini berada di peringkat 35 dunia, sangat diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan atas Supanida Katethong yang hanya berada di peringkat 46 dunia. Namun, Ruselli Hartawan yang tampil di turnamen internasional pertamanya dalam 10 bulan, banyak melakukan kesalahan sendiri dan terus terbawa oleh permainan pemain Thailand.

"Kesulitan penampilan saya tadi adalah, dari awal saya masuk ke pola permainan lawan. Sulit keluar dari tekanan dan tidak bisa konsisten. Jadi permainannya diatur terus. Bola-bola lawan memang lumayan bagus, apalagi bola belakangnya," sebut Ruselli kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

Kekalahan Ruselli membuat tunggal putri Indonesia gagal mengirim wakilnya ke babak 16 besar Thailand Open setelah sebelumnya, mantan juara dunia junior, Gregoria Mariska Tunjung gagal melewati hadangan mantan pemain peringkat 1 dunia asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun lewat pertarungan ketat rubber game 21-15, 15-21 dan 14-21.

Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pengembangan dan Prestasi PP PBSI, yang juga merangkap sebagai pelatih sektor tunggal putri, mengatakan bahwa kekalahan ini harus bisa dijadikan pelajaran berharga para pemain menatap turnamen yang sama pekan depan.

"Dari pertandingan ini, pokoknya jangan mencari-cari alasan kekalahan. Seperti menyalahkan kondisi lapangan yang berangin. Sebaliknya, keduanya setiap saat harus berpikir untuk mencari solusi untuk bisa mencari angka dan memenangi pertandingan. Di pertandingan berikut, saya harapkan keduanya harus bisa bermain lebih maksimal," papar Rionny.

Artikel Tag: Tunggal Putri, Ruselli Hartawan, thailand

605  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini