Dua Kali Perak, Loh Kean Yew Tak Menyerah Kejar Medali Emas Sea Games

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 28 Mei 2022, 15:30 WIB
Dua Kali Perak, Loh Kean Yew Tak Menyerah Kejar Emas Sea Games

Loh Kean Yew/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Loh Kean Yew mengatakan dia akan "berusaha dengan konsistensi" setelah meraih medali perak kedua berturut-turut di SEA Games 2021 yang berlanngsung di Hanoi Vietnam dua pekan lalu.

Juara dunia asal Singapura, kalah dua set langsung dari Kunlavut Vitidsarn dari Thailand di final tunggal putra di Hanoi: "Gelar peraih medali emas SEA Games akan ada dalam daftar saya dan mudah-mudahan saya dapat melakukannya di lain waktu," ujar pemain 24 tahun itu.

Juara dunia bulu tangkis Loh Kean Yew nyaris meraih gelar perdana SEA Games sekali lagi.

Pada final tunggal putra di gimnasium Bac Giang di Hanoi, Vietnam, pebulu tangkis Singapura itu meraih medali perak setelah kalah dari petenis Thailand peringkat 18 dunia Kunlavut Vitidsarn dua set langsung (13-21, 13-21) pada Minggu (22 Mei).

“[Saya merasa] sedikit kecewa tentunya, tetapi saya mencoba yang terbaik dan saya memberikan segalanya,” kata Loh Kean Yew kepada Olympics.com setelah pertandingan.

Pemain berusia 24 tahun itu juga mencapai final dua tahun lalu di Filipina ketika ia dikalahkan oleh Lee Zii Jia dari Malaysia, sementara ia meraih perunggu pada 2015 ketika Singapura menjadi tuan rumah acara tersebut.

Tapi pemain peringkat 10 dunia itu belum menyerah pada pencarian gelarnya.

“Saya ingin [memenangkan] itu. Pasti gelar peraih medali emas SEA Games akan ada di daftar saya dan mudah-mudahan saya bisa melakukannya di lain waktu. Saya masih perlu mendiskusikan rencana masa depan dengan pelatih saya, tapi saya dengan senang hati akan mewakili Singapura lagi."

Dia mungkin tidak perlu menunggu terlalu lama dengan SEA Games 2023 yang ditetapkan untuk Kamboja tahun depan, SEA Games tahun ini seharusnya terjadi pada 2021 tetapi ditunda hingga 2022 karena Covid.

Peraih medali emas Kejuaraan Dunia Huelva 2021 memenangkan semua pertandingan tunggalnya untuk Singapura di Piala Thomas BWF sebelum terbang ke Hanoi hanya beberapa hari menjelang pertandingan pembukaannya. Tapi dia tidak membuat alasan untuk kehilangannya.

"Saya baru saja masuk dan mencoba yang terbaik, dan itu tidak cukup," kata Loh Kean Yew kepada wartawan setelah pertandingan.

"Saya pasti lelah. Tentu saja, lawan saya juga lelah. Ini tentang bagaimana Anda mengaturnya dan dia mengaturnya lebih baik dari saya," katanya.

"Saya pasti merasa bisa bermain lebih baik dari ini," kata Loh. "Saya akan kembali dan berbicara dengan pelatih saya dan mengerjakan beberapa hal dan mencoba untuk meningkatkan dan menjadi lebih baik."

Setelah selamat dari kejutan dalam tiga pertandingan thriller melawan Nguyen Tien Minh yang berusia 39 tahun di semifinal, pemain Singapura itu bukan tandingan juara dunia junior tiga kali Vitidsarn, yang tahun ini memenangkan World Tour pertamanya di Jerman.

"Saya tidak pernah bermain dengan mudah dengannya," kenang Loh, yang kini unggul 1-2 dalam head-to-head melawan pemain Thailand itu.

"Setiap kali saya bermain dengannya sangat melelahkan. Jadi semoga lain kali saya berada di pihak yang menang."

Artikel Tag: Loh Kean Yew, Kunlavut Vitidsarn, sea games 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/dua-kali-perak-loh-kean-yew-tak-menyerah-kejar-medali-emas-sea-games
833  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini