Cristian Savin, Pemain Moldova Yang Pindah Pelatihan ke Denmark

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 30 Nov 2020, 10:00 WIB
Cristian Savin, Pemain Moldova Yang Pindah Pelatihan ke Denmark

Cristian Savin/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton: Pemain Moldova, Cristian Savin berbagi mengapa dia pindah ke Denmark untuk berlatih guna mengejar tujuan bulutangkisnya di Centre of Excellence Eropa.

Centre of Excellence (CoE) Bulutangkis Eropa memiliki visi untuk menyediakan basis pelatihan yang berkualitas dan aspiratif bagi para pemain berbakat dan pantas dari seluruh Eropa.

Inilah yang menarik banyak pemain dari berbagai negara, termasuk Cristian Savin dari Moldova. Mewakili Moldova, Savin sebenarnya pindah ke Republik Ceko di mana dia bermain di sebuah klub di sana. Namun, saat dia menjelaskan, dia menginginkan lebih.

"Saya memutuskan untuk berlatih di CoE karena saya tidak memiliki banyak kemungkinan di klub saya di Ceko, terkadang kami mendapat sparring dari Indonesia, tetapi biasanya hanya untuk tiga bulan dan kemudian mereka harus pergi karena visa mereka. Jadi, saya sangat senang memiliki opsi untuk berlatih di Holbæk dengan banyak pemain," kata Savin.

Pemain dari seluruh Eropa, dan juga dunia datang dan berlatih di CoE, dan untuk Savin, inilah yang dia butuhkan untuk berkembang, terutama karena hal itu memungkinkan fleksibilitas untuk pengejaran akademisnya.

"Tidak ada keraguan bahwa ini adalah keputusan yang bagus, karena saya masih belajar, jadi saya harus pulang sesekali dan mengerjakan ujian di sekolah, tetapi saya berusaha untuk datang ke Center sebanyak mungkin. Ke depannya, saya ingin lebih sering datang."

Cristian Savin mengalami tahun yang menantang dalam hal kebugaran, mencetak beberapa penarikan dalam pertandingan. Namun, pertandingan terakhirnya melawan petenis nomor satu Prrancis, Brice Leverdez di Portugal akan memberinya janji. Memaksa tiga pertandingan keluar dari pemenang gelar akhirnya.

"Saya pikir terutama dalam sebulan terakhir dari latihan saya di sini, saya mencoba untuk melatih di back forehand court saya dan itu telah membaik menurut saya, tetapi masih banyak yang harus dikerjakan, itu pasti."

Cristian Savin ingin sekali meningkatkan prestasi yang dialaminya pada tahun 2017 saat masih junior. Tampil di lima final turnamen, dan menang di Junior Swedia, Junior Siprus, dan Junior Slovenia. Bagaimana rasanya menjadi pemain CoE?

"Sungguh menakjubkan bahwa kami memiliki kamar sendiri dengan dapur dan pancuran kami sendiri. Ketika saya melihat ke masa lalu, bahwa setahun yang lalu kami harus memiliki dapur dan kamar mandi bersama, saya pikir itu adalah bonus besar. Juga, sangat bagus bahwa setiap kali di sini ada pemain berbeda dari negara berbeda, yang memungkinkan kami berlatih dengan gaya bermain yang berbeda," ungkap Savin.

Cristian Savin berkomentar bahwa dia sejujurnya tidak bisa memikirkan kekurangan pelatihan di CoE, dan mengatakan getaran di antara para pemain cukup bersahabat dan semua orang bersenang-senang di dalam dan di luar lapangan juga. Fasilitas yang ditawarkan untuk pemain adalah fitur pengaturan yang kuat.

"Saya sangat suka tampilan aula, ini adalah aula yang bagus, dengan lapangan yang bagus dan juga saya sangat suka gym, karena sangat besar dan ada pilihan untuk memperkuat setiap otot di tubuh dengan banyak mesin yang berbeda."

Setelah bekerja keras sepanjang tahun 2020, Savin berharap dapat bersama keluarga saya dan bersenang-senang bersama mereka. Kemudian itu adalah persiapan untuk tahun 2021 yang sibuk dan tak terelakkan.

"Setelah liburan saya berharap sekolah dibuka sehingga saya dapat pergi ke sekolah selama beberapa hari dan kemudian saya memiliki rencana untuk bermain di Swedish Open dan Iceland International. Pada akhir Januari, saya ingin kembali ke CoE," tegas Savin.

Artikel Tag: Cristian Savin, Moldova, CoE

679  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini