Cheam June Wei Yakin Jalani Debut Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 07 Des 2020, 14:45 WIB
Cheam June Wei Yakin Jalani Debut Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol

Cheam June Wei/[Foto:Thestar]

Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Cheam June Wei yakin akan melakukan debut Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol pada 29 November hingga 5 Desember tahun depan.

Pemain berusia 23 tahun itu yakin dia akan masuk ke dalam 30 besar dunia pada awal September dan menjadi dua pemain tunggal teratas di negara itu.

Federasi Badminton Dunia (BWF) mengumumkan awal pekan ini bahwa periode kualifikasi yang direvisi untuk Kejuaraan Dunia yang akan dimulai dari 1 Januari hingga 5 September 2021.

Menurut peraturan badan dunia tentang kualifikasi, sebuah negara dapat mengirim maksimal empat perwakilan dalam satu kategori (tunggal dan ganda) jika mereka berada di peringkat delapan besar. Tiga dan dua perwakilan masing-masing untuk 24 teratas dan satu wakil untuk 150 teratas dunia.

Pemain nomor 10 dunia, Lee Zii Jia diharapkan mendapatkan penampilan keduanya dengan mudah, oleh karena itu akan menjadi pertanyaan siapa yang akan bergabung dengannya.

Pemain nomor 74 dunia, Cheam June Wei kemungkinan besar harus bersaing ketat dengan pemain  profesional No. 41 dunia, Liew Daren, No. 67 Soong Joo Ven dan No. 90 Iskandar Zulkarnain Zainuddin untuk memperebutkan tempat.

Namun pemain muda seperti Ng Tze Yong (No. 134), Aidil Sholeh Ali Sadikin (No. 140), Leong Jun Hao (No. 157) dan Lim Chong King (No. 160) juga bisa masuk dalam daftar 10 hasil turnamen terbaik. adalah semua yang mereka butuhkan selama periode kualifikasi delapan bulan untuk menempatkan diri mereka dalam persaingan.

Tetapi Cheam June Wei mengharapkan peluangnya selama dia dapat meniru penampilannya awal tahun ini sebelum wabah Covid-19.

“Saya belum pernah bermain di Kejuaraan Dunia, jadi lolos ke Huelva Spanyol tentu menjadi salah satu tujuan saya tahun depan,” kata June Wei.

“Selain Olimpiade, Kejuaraan Dunia adalah salah satu kompetisi terbesar. Saya cukup percaya diri untuk berhasil dengan menjadi orang Malaysia peringkat kedua tertinggi di peringkat dunia,” ungkapnya.

Karena keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, BWF tidak punya pilihan lain selain mempersingkat periode kualifikasi dari biasanya satu tahun menjadi hanya delapan bulan.

“Kualifikasi dimulai pada Januari, tetapi pemain yang berada di luar peringkat 32 besar akan merasa sulit untuk memulai di Bangkok (dua Thailand Open dan World Tour Finals) karena semuanya adalah turnamen tingkat atas,” kata June Wei.

“Jadi bulan pertama sudah berlalu dan kita hanya tinggal tujuh bulan. Semoga BWF akan memiliki sesuatu untuk semua orang pada bulan Februari sehingga kami dapat mulai berkompetisi lagi dan mengumpulkan poin peringkat."

Cheam June Wei sangat ingin beraksi di Spanyol tahun depan karena ia ingin melanjutkan dari posisi terakhirnya di Kejuaraan Beregu Asia di Manila pada bulan Februari lalu.

Sungguh perjalanan yang tak terlupakan saat ia mengalahkan Son Wan-ho dari Korea Selatan, Kenta Nishimoto dari Jepang, dan Jonatan Christie dari Indonesia untuk membantu Malaysia menjadi runner-up dan lolos ke kejuaraan bergengsi Piala Thomas 2020.

Artikel Tag: Cheam June Wei, kejuaraan dunia, Spanyol

691  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini