BWF Ranking: Lee Zii Jia Terlempar Dari 10 Besar Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 03 Apr 2024, 14:45 WIB
Lee Zii Jia Terlempar Dari 10 Besar Dunia

Lee Zii Jia-Kunlavut Vitidsarn/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lee Zii Jia turun dari peringkat 10 besar dunia untuk pertama kalinya dalam tiga bulan, sebuah perkembangan yang menimbulkan kekhawatiran menjelang Olimpiade Paris yang tinggal empat bulan lagi.

Pemain berusia 26 tahun ini telah mempertahankan posisinya di peringkat 10 dunia sejak 16 Januari tetapi gagal mempertahankannya dalam pembaruan peringkat terbaru pada hari Selasa, terutama karena kurangnya hasil penting sejak awal tahun.

Lee Zii Jia kehilangan peringkat No. 10 dari juara Spanyol Masters yang baru, Loh Kean Yew dari Singapura.

Prestasi penting Zii Jia termasuk mencapai tiga perempat final World Tour di India Open, Indonesia Masters, dan All England.

Namun, hasil sederhana ini tidak cukup untuk meningkatkan peringkat lebih lanjut.

Tidak dapat disangkal bahwa hal ini merupakan kekhawatiran yang harus diatasi Lee Zii Jia dalam tiga bulan ke depan jika ia berharap mendapatkan unggulan yang kuat di Olimpiade Paris pada bulan Agustus.

Meskipun Olimpiade mungkin menambah jumlah pemain unggulan menjadi 16, tetap penting bagi Zii Jia untuk berjuang mendapatkan tempat di delapan besar.

Hal ini dapat membantunya menghindari pesaing tangguh seperti Viktor Axelsen dari Denmark atau Shi Yu Qi dari Tiongkok di babak 16 besar, asalkan ia lolos dari babak penyisihan grup.

Jadwal Tur Dunia yang padat di Eropa selama sebulan terakhir telah memberi Zii Jia landasan untuk menembus delapan besar, namun dia tidak memanfaatkannya.

Perjuangan Zii Jia tidak hanya menyebabkan Kean Yew menyalipnya tetapi juga memungkinkan juara dunia Thailand Kunlavut Vitidsarn memperkuat cengkeramannya di posisi No. 8, didukung oleh finis sebagai runner-up yang mengesankan di French Open 2024.

Lee Zii Jia memiliki waktu hingga akhir Juni untuk membalikkan keadaan, karena unggulan teratas Olimpiade Paris akan diumumkan pada 5 Juli.

Selama periode ini, Zii Jia akan berkompetisi setidaknya di lima ajang lagi, dimulai dengan Kejuaraan Asia di Ningbo, Tiongkok, minggu depan.

Sementara itu, Ng Tze Yong, yang absen karena cedera punggung sejak Februari, terus menduduki posisi kedua pemain Malaysia dengan peringkat tertinggi di peringkat 18.

Menyusul keputusannya untuk mundur dari Kejuaraan Asia, yang secara efektif mengakhiri harapannya untuk lolos ke Olimpiade, Tze Yong menghadapi risiko keluar dari 20 besar untuk pertama kalinya sejak Desember tahun lalu.

Meskipun Leong Jun Hao tampil di perempat final Spanyol Masters tahun lalu, peringkatnya tetap tidak berubah di peringkat 37 dan peringkat ketiga tertinggi Malaysia.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, BWF Ranking, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bwf-ranking-lee-zii-jia-terlempar-dari-10-besar-dunia
1137  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini