Berikut Data & Fakta Menarik Penyelenggaraan BWF World Tour Finals 2023

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 13 Des 2023, 09:30 WIB
Berikut Data & Fakta Menarik Penyelenggaraan BWF World Tour Finals 2023

Chen Qingchen-Jia Yifan/[Foto: Sinasports]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Grand final musim ini kembali hadir di China setelah empat tahun dan berikut beberapa fakta menarik tentang HSBC BWF World Tour Finals 2023 yang pertama dari empat edisi di kota Hangzhou.

Sejak World Tour Finals diperkenalkan pada tahun 2018, Tiongkok telah mendominasi turnamen tersebut , memenangkan sembilan gelar dalam lima musim. Mereka tetap menjadi satu-satunya negara yang menghasilkan pemenang di kelima kategori .

Jepang bisa bergabung dengan klub tersebut jika Yuta Watanabe / Arisa Higashino muncul sebagai pemenang di Hangzhou.

Selain China, Jepang adalah negara yang paling banyak tampil di 11 final .

Termasuk tahun ini, Indonesia, Chinese Taipei, Thailand, Malaysia, Korea, dan Denmark selalu memiliki perwakilan di kelima edisi tersebut .

Dari jumlah tersebut, hanya Denmark yang memainkan setidaknya satu final yang semuanya di tunggal putra sejak tahun 2020.

Kecuali Akane Yamaguchi yang cedera , juara 2022 lainnya kembali mempertahankan mahkotanya .

Kejayaan yang berulang akan membuat Viktor Axelsen menjadi pemain pertama yang memenangkan World Tour Finals tiga kali berturut-turut .

Lee Chong Wei (2008-2010) adalah satu -satunya pemain tunggal putra yang mencapai prestasi tersebut sejak akhir musim dimulai dengan dimulainya Final GP Bulu Tangkis Dunia pada tahun 1983.

Di sisi lain, Indonesia belum pernah meraih juara dalam kategori tersebut di final musim sejak Joko Suprianto pada tahun 1995, tetapi kali ini mereka mengandalkan dua pemain top yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie .

Anehnya, Indonesia hanya punya satu gelar World Tour Finals yang bisa ditunjukkan yakni kemenangan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan tahun 2019.

Selain Axelsen, Liu Yu Chen , Chen Qing Chen / Jia Yi Fan , Zheng Si Wei / Huang Ya Qiong dan Dechapol Puavaranukroh / Sapsiree Taerattanachai berpeluang meraih gelar World Tour Finals ketiganya .

Puavaranukroh/Taerattanachai juga menjadi satu-satunya pasangan campuran non-China yang memuncaki podium (2020-2021).

Chen Qing Chen adalah pemain terakhir yang menang di dua departemen pada acara penutup musim yang sama (ganda putri dan campuran pada tahun 2016).

Seo Seung Jae bisa menirunya tahun ini. Jika berhasil, Seo akan menjadi pebulutangkis putra pertama yang melakukan double pada edisi yang sama dalam 40 tahun sejarah seri Finals.

Hanya Susi Susanti (enam) dan Li Lingwei (empat) yang memiliki gelar tunggal putri akhir musim lebih banyak dibandingkan Tai Tzu Ying (tiga).

Statistik Menonjol: Ini adalah akhir musim ke-10 Tai Tzu Ying, menyamai rekor Kamilla Rytter Juhl untuk penampilan terbanyak .

Artikel Tag: BWF World Tour Finals 2023, Chen Qingchen, Jia Yifan, Tai Tzu Ying, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, viktor axelsen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/berikut-data-fakta-menarik-penyelenggaraan-bwf-world-tour-finals-2023
10690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini