BAM Setuju Pemain Profesional Berlatih di Tim Nasional

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 16 Agu 2022, 16:30 WIB
BAM Setuju Pemain Profesional Berlatih di Tim Nasional

Pelatihan di BAM/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Setiap pelatih dan pemain profesional papan atas senang mengetahui bahwa Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) akhirnya terbuka untuk bekerja sama dengan mereka.

Itu terjadi setelah badan nasional itu mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka sedang menyusun rencana terperinci untuk melihat bagaimana para pemain profesional terbaik dapat memperoleh manfaat dari fasilitas mereka di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara.

Mantan pelatih tunggal nasional Rashid Sidek percaya langkah untuk berkolaborasi akan menumbuhkan ekosistem yang sehat untuk bulu tangkis Malaysia.

“Saya pikir itu bagus bahwa BAM mencari cara untuk berkolaborasi dengan pemain independen di luar tim nasional,” kata Rashid.

“Ini akan menjadi win-win untuk semua pihak jika itu adalah rencana yang baik. Sebagai pelatih profesional, saya tahu bahwa sebagian besar pemain di luar tidak memiliki keamanan. Kadang-kadang, mereka bahkan tidak memiliki tempat tetap untuk pelatihan.”

“Kalau timnas membuka fasilitasnya, menurut saya wajar saja kalau mereka mengajukan kriteria. Mereka tidak bisa terbuka begitu saja kepada semua orang, lalu di mana kelasnya?

“Jika pemain profesional harus memiliki peringkat tertentu untuk menikmati manfaatnya, maka itu adalah motivasi yang baik bagi mereka untuk memperjuangkan tempat itu.

"Tidak ada lagi keluhan tentang ditinggalkan karena Anda perlu membuktikan diri," kata Rashid kepada Timesport kemarin.

Pemenang Piala Thomas 1992, yang menginspirasi pebulutangkis para Cheah Liek Hou untuk meraih emas bersejarah Paralimpiade di Tokyo tahun lalu, merawat tim pengembangan Para di bawah Dewan Olahraga Nasional.

Mantan pelatih nasional lainnya, Chin Eei Hui, yang telah dikaitkan dengan kepindahan kembali ke tim nasional, mengakui bahwa itu adalah langkah yang baik bagi badan nasional dan pemain independen untuk bekerja sama.

Namun, Eei Hui menolak berkomentar lebih lanjut sampai rencana rinci dibuat.

“Yang bisa saya katakan adalah ide bagus bagi mereka untuk bekerja dengan pemain independen. Tapi, kita perlu tahu apa yang mau ditawarkan BAM.”

“Apakah hanya sparring? Atau fasilitas lain di ABM? Apakah pemain independen bisa bertanding dengan pemain nasional? Atau akan ada waktu yang berbeda ketika mereka diizinkan menggunakan fasilitas tersebut?"

"Semua ini adalah pertanyaan yang belum kami temukan jawabannya," tambah Eei Hui, yang membawahi ganda putra peringkat 10 dunia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, ganda campuran peringkat 11 dunia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat-Shevon Lai (No 14).

Shevon, yang menuju Kejuaraan Dunia di Tokyo minggu depan, menggemakan sentimen pelatihnya.

“Saya ingin tahu fasilitas apa sebenarnya. Jika kita berbicara tentang lapangan, maka, ya, BAM memiliki lapangan terbaik. Akan sangat bagus jika pemain independen papan atas juga bisa mengakses fasilitas ilmu olahraga seperti fisioterapi dan mandi es yang tidak kita miliki di luar,” kata Shevon.

Pada hari Sabtu, presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria mengungkapkan bahwa sebuah rencana sedang dibuat untuk melihat bagaimana BAM dapat bekerja sama dengan pemain independen terkemuka untuk ekosistem yang lebih baik di negara ini.

Meskipun tidak ada yang ditutupi, dapat dipahami bahwa pemain independen harus memiliki peringkat tertentu untuk menikmati manfaatnya.

Artikel Tag: bam, rashid sidek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bam-setuju-pemain-profesional-berlatih-di-tim-nasional
577  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini