BAM Pastikan Akan Menggelar Turnamen Nasional Junior

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 12 Okt 2020, 08:00 WIB
BAM Siap Gelar Kejuaraan Nasional Junior

Jacky Kok Hong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Direktur untuk tim nasional bulutangkis junior Malaysia, Datuk Misbun Sidek, memastikan bahwa Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) akan tetap menggelar Turnamen Nasional Junior.

Hampir tiga bulan setelah kembali berlatih, para pebulutangkis junior nasional akan menunjukkan kemampuan mereka saat National Junior Ranking Challenge akan berlangsung di Akademi Badminton Malaysia (ABM) besok (12/10).

Sebanyak 75 pemain, berusia antara 15 hingga 18 tahun, akan terlibat dalam Turnamen Nasional Junior dua tahap yang berlangsung dari 12-16 Oktober dan 20-23 Oktober.

Semua mata akan tertuju pada acara tunggal putra yang mempertandingkan junior peringkat teratas dunia di Jacky Kok Jing Hong (No. 3), Justin Hoh (No. 10), Ong Ken Yon (20) dan Mohd Fazriq Razif (No 23).

Mereka bergabung dengan Ong Zhen Yi, Anson Cheong, Chia Jeng Hon, Chua Kim Sheng dan Poopathi Velayutham di Grup A.

Tiga teratas dalam grup akan mendapatkan hak untuk bermain melawan tiga lawan terpilih dari tim cadangan senior. 21 pemain lainnya juga akan ikut serta - delapan di Grup B, tujuh di Grup C dan enam di Grup D.

Para pebulutangkis junior ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi ke Grup A di akhir format round robin. Misalnya, dua peraih peringkat teratas di Grup B akan menghadapi dua peraih kinerja terburuk di Grup A untuk mendapatkan promosi.

Direktur pengembangan junior nasional BAM Datuk Misbun Sidek menantikan Turnamen Nasional Junior ini karena ini memberinya kesempatan untuk menilai kinerja para pemain menjelang Kejuaraan Junior Dunia di Selandia Baru Januari mendatang.

“Turnamen ini adalah tolak ukur untuk mengukur kemajuan mereka, siapa yang dipromosikan atau diturunkan, atau apakah kami harus merekrut lebih banyak pemain untuk uji coba tahun depan,” kata Misbun.

“Ini juga akan membantu mereka mempersiapkan diri untuk turnamen yang akan datang. Ada beberapa yang baru berusia 15 tahun yang berlaga di kelompok usia 18 tahun. Itu menunjukkan level yang bervariasi di antara para junior. Kami ingin melihat apakah mereka mampu mempertahankan performa dan kedudukan mereka," ungkapnya.

“Babak playoff yang mempertemukan junior peringkat teratas melawan senior cadangan adalah langkah yang baik oleh BAM. Ini memungkinkan kami para pelatih untuk melihat apakah perbedaan usia dua hingga tiga tahun menjadi faktor ketika bertanding melawan para senior. Kami ingin melihat kemampuan mereka melawan pemain yang lebih tua," kata Misbun.

“Saya telah mengingatkan para pemain bahwa inilah saatnya bagi mereka untuk tidak hanya mempersiapkan diri tetapi juga meningkatkan performa mereka. Selama periode ini tanpa turnamen, mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan memberantas kelemahan mereka dan juga mendapatkan stabilitas pertandingan yang sangat dibutuhkan," pungkas Misbun.

Artikel Tag: bam, Misbun, junior

659  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini