Asa Mantan Juara Asia, Leong Jun Hao Untuk Bangkit Tahun Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 06 Jan 2022, 18:00 WIB
Asa Mantan Juara Asia, Leong Jun Hao Bangkit Tahun Ini

Leong Jun Hao/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan juara Asia junior, Leong Jun Hao tahu bahwa waktu sudah hampir habis baginya untuk membuat kesan dengan tim bulu tangkis nasional.

Pemain berusia 22 tahun itu masih berjuang untuk memantapkan dirinya sebagai pemain top meskipun ia telah bersama skuad senior selama empat tahun terakhir.

Meskipun kemajuan karirnya terhambat oleh serangkaian cedera dan pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir, Leong Jun Hao sadar bahwa tidak satu pun dari alasan ini dapat membantunya mempertahankan tempatnya di tim nasional jika ia gagal untuk bangkit.

Jun Hao memiliki peluang tahun lalu tetapi tidak memanfaatkannya. Hasil yang paling menonjol adalah mencapai semifinal Polandia Open serta penampilan yang mengesankan di Kejuaraan Piala Thomas di Aarhus Oktober lalu.

Jun Hao mencetak satu-satunya poin Malaysia dalam kekalahan 4-1 penyisihan grup mereka atas Jepang ketika ia mengalahkan peringkat 16 dunia, Kenta Nishimoto 21-19 dan 21-18.

Tapi dia gagal membangun momentum, tersingkir di awal Ceko Open, Belgia Internasional dan Irlandia Open 2021.

Dia tidak menyelesaikan dua tugas yang tersisa yakni Scottish Open dan Welsh Open karena khawatir memperparah cedera pinggul lamanya.

“Sungguh mengecewakan bahwa saya tidak dapat memanfaatkan peluang turnamen yang ada dan meningkatkan peringkat saya,” kata Jun Hao, yang mengakhiri tahun di peringkat 120 dunia.

“Untungnya cedera saya tidak serius. Saya telah pulih dari itu. Tetapi sekali lagi, saya tidak bisa sepenuhnya menyalahkan hasil buruk saya pada cedera. Faktanya, cedera lama saya tidak lagi menahan saya.”

“Itu memang mencegah saya untuk memberikan yang terbaik ketika saya pertama kali kembali dari PHK yang panjang tetapi itu tidak lagi terjadi sekarang,” ungkapnya.

Setelah kepergian Cheam June Wei dua bulan lalu, Leong Jun Hao kini menjadi pemain paling senior kedua di belakang Lee Zii Jia yang berusia 23 tahun di sektor tunggal putra.

Tetapi senioritas tentu tidak berarti apa-apa, peringkatlah yang penting.

Selain peringkat 7 dunia Zii Jia, di depannya ada Ng Tze Yong (No. 60) dan Aidil Sholeh Ali Sadikin (No. 105).

“Mudah-mudahan saya bisa mengamankan terobosan yang sudah lama saya nantikan tahun ini,” kata Jun Hao.

“Jelas saya tahu bahwa saya harus mulai membuktikan diri atau tempat saya di tim dipertaruhkan. Tujuan langsung saya adalah mencapai 50 besar dunia terlebih dahulu dengan mencoba memenangkan beberapa turnamen. Setiap kemenangan, baik besar atau kecil, selalu baik untuk kepercayaan diri.”

“Tujuan utama lainnya tahun ini adalah untuk dipilih dan bermain di turnamen beregu (Badminton Asia Team Championships dan Thomas Cup Finals),” juara Asia Junior 2017 itu menyimpulkan.

Artikel Tag: Leong Jun Hao, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/asa-mantan-juara-asia-leong-jun-hao-untuk-bangkit-tahun-ini
480  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini