Ambisi Aaron Chia Menangkan Medali Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 21 Apr 2024, 16:30 WIB
Ambisi Aaron Chia Menangi Piala Thomas 2024

Aaron Chia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain spesialis ganda putra Aaron Chia dan Soh Wooi Yik bertekad untuk membantu tim memenangkan medali di Final Piala Thomas mulai 27 April-5 Mei di Chengdu, Tiongkok, dan melengkapi koleksi mereka di ajang besar.

Medali dalam kejuaraan beregu bergengsi adalah satu-satunya hal yang hilang dalam pencapaian mengesankan Aaron-Wooi Yik di kompetisi besar.

Pasangan peringkat 5 dunia itu menciptakan sejarah dengan meraih emas di Kejuaraan Dunia 2022 dan juga meraih gelar SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Aaron/Wooi Yik kemudian meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Commonwealth Games 2022, Asian Games Hangzhou, dan World Meets tahun lalu.

Pasangan ini juga berperan penting dalam dua kali perebutan medali perunggu Malaysia di Piala Sudirman 2021 dan 2023.

Hanya satu medali di Piala Thomas yang sulit diraih Aaron/Wooi Yik dan mereka sangat ingin mengakhiri penantian mereka di Chengdu.

“Piala Thomas adalah ajang beregu yang besar dan bagi kami sama pentingnya dengan Asian Games dan turnamen besar lainnya,” kata Aaron.

"Saya dan Wooi Yik berharap bisa membantu tim meraih medali kali ini. Tidak masalah bagi kami warna apa, tapi kami menginginkan medali.”

Aaron/Wooi Yik akan bertanding untuk keempat kalinya dalam pertemuan tim dan menjadi bagian dari tim yang tiga kali kalah di perempat final pada 2018, 2020, dan 2022. Tim harus mencapai setidaknya semi-final untuk memenangkan medali.

Anggota tim lainnya adalah Lee Zii Jia, Leong Jun Hao, Cheam June Wei, Justin Hoh (tunggal), Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani dan Choong Hon Jian-Mohd Haikal Nazri (ganda).

Terakhir kali Malaysia melaju ke babak semifinal adalah pada tahun 2018 saat turnamen tersebut juga digelar di China di Kunshan.

Tim harus lolos dari grup sulit yang berisi juara 2016 Denmark dan Hong Kong untuk mencapai babak delapan besar terlebih dahulu. Minnows Aljazair adalah tim lain di grup.

Hanya dua tim teratas di grup yang akan melaju ke perempat final.

Aaron Chia yakin kemenangan atas Hong Kong di laga pembuka akan menjadi kunci peluang Malaysia untuk lolos dari grup.

“Pertandingan pertama melawan Hong Kong sangat penting bagi kami karena itu akan menentukan apakah kami bisa mencapai perempat final,” kata Aaron Chia .

“Di atas kertas, Denmark punya keunggulan atas kami di nomor tunggal, sementara gandanya juga lumayan. Kami masih harus mencoba mengalahkan mereka untuk menjadi puncak grup, tetapi kami memerlukan kemenangan melawan Hong Kong terlebih dahulu."

“Pertandingan tunggal akan berlangsung 50-50 melawan Hong Kong sementara kami memiliki keunggulan di ganda,” tambah Aaron.

Artikel Tag: Aaron Chia, Soh Wooi Yik, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/ambisi-aaron-chia-menangkan-medali-piala-thomas-2024
873  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini