Akankah Ada Persaingan Seperti Lee Chong Wei dan Lin Dan di All England?

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 15 Mar 2023, 18:30 WIB
Akankah Ada Persaingan Seperti Lee Chong Wei dan Lin Dan di All England?

Lin Dan-Lee Chong Wei/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Akankah ada persaingan seperti Lee Chong Wei dan Lin Dan di All England? Sebagian besar percaya itu akan sangat mustahil untuk saat ini, atau bahkan dalam waktu dekat.

Dari tahun 2004 hingga 2018, salah satu atau keduanya Lee Chong Wei dan Lin Dan bertanding di 14 dari 15 final turnamen bulu tangkis tertua di dunia.

Lin Dan sempat dominan sejak tahun 2004 sebelum Chong Wei naik ring sebagai salah satu lawan yang pantas untuk Super Dan.

Secara keseluruhan, Lin Dan memiliki lebih banyak gelar, enam gelar, sementara Chong Wei mengukir namanya dalam empat gelar.

Malaysia bisa lebih dominan pada 2015-2016 tetapi pelanggaran doping membuatnya dilarang selama delapan bulan.

Untuk saat ini, Viktor Axelsen dari Denmark tampaknya lebih konsisten dibandingkan pemain lainnya di tunggal putra.

Juara bertahan itu ingin memenangkan gelar All England ketiganya, setelah juga memenangkan edisi 2020.

Akan membosankan jika satu pemain terus mendominasi tetapi beberapa mengatakan itu juga akan menciptakan kegembiraan karena yang lain menggunakan pemain Denmark berusia 29 tahun itu sebagai tolok ukur dan akan berusaha sekuat tenaga. Lagi pula, usia juga mengejar Axelsen dalam permainan yang menuntut fisik.

Kemenangan luar biasa pemain Thailand Kunlavut Vitidsarn atas Axelsen di Indian Open telah membangkitkan hasratnya untuk meraih lebih banyak lagi.

Chong Wei mengakui tidak ada rivalitas seru di tunggal putra saat ini.

"Kunlavut memiliki potensi untuk memberi Viktor pertarungan lebih teratur... itulah satu-satunya nama yang dapat saya pikirkan sejauh ini," kata Chong Wei, yang memenangkan gelar All-England pertamanya pada 2010 ketika turnamen tersebut merayakan tahun ke-100.

“Namun untuk saat ini, saya tidak melihat ada dua atau tiga pemain tunggal yang dominan.”

Mantan datuk hebat James Selvaraj menggemakan sentimen yang sama.

“Saya tidak melihat ada dua pemain yang mendominasi All England sekarang seperti yang dilakukan Chong Wei dan Lin Dan selama masa bermain mereka,” katanya.

“Viktor adalah pemain paling konsisten saat ini dan saya yakin hanya dia yang bisa mendominasi turnamen. Ada beberapa bintang baru lainnya seperti Kodai Naraoka dari Jepang, Kunlavut dan Lakshya Sen dari India, yang mencoba menantangnya tetapi mereka masih kurang konsisten,” ungkapnya.

“Pemenang dan pemain independen 2021 Lee Zii Jia juga memiliki segalanya untuk sukses tetapi tidak memiliki tim yang mampu untuk membantunya.”

Ini berbeda di tunggal putri, karena ada pergumulan yang tajam di antara para pemain ini yakni Akane Yamaguchi dari Jepang, An Se-young dari Korea Selatan, Tai Tzu-ying dari Taiwan, Chen Yufei dan He Bingjiao dari China dan P.V. Sindhu – yang membuatnya menarik.

“Saya yakin Yamaguchi dan Se-young bisa mendominasi dan menciptakan rivalitas yang kuat di tunggal putri karena mereka telah mencapai banyak final bersama tahun ini,” kata James.

Duo ini mencapai final Malaysia, India, dan German Open tahun ini.

Yamaguchi menang di Malaysia dan German Open sementara Se-young keluar sebagai pemenang di turnamen India Open 2023.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, All England 2023, viktor axelsen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/akankah-ada-persaingan-seperti-lee-chong-wei-dan-lin-dan-di-all-england
878  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini