Kanal

Aleix Espargaro Nilai Sepeda MotoGP Sekarang Seperti Mobil F1

Penulis: Senja Hanan
17 Jun 2024, 20:42 WIB

Aleix Espargaro Nilai Sepeda MotoGP Sekarang Seperti Mobil F1

Berita MotoGP: Aleix Espargaro telah menyatakan keprihatinannya atas tenaga ekstra yang diperlukan untuk mengendarai motor MotoGP dalam jarak balapan karena tingkat downforce.

Bintang Aprilia itu termasuk di antara beberapa pebalap yang menyoroti ketegangan fisik pada lengan akibat membalap prototipe 1000cc selama 23 lap di sekitar Mugello di Grand Prix Italia baru-baru ini.

Downforce membuat sepeda menjadi lebih berat saat mengubah arah, tetapi lebih cepat dalam satu putaran. Performa ekstra tersebut, dikombinasikan dengan kemajuan teknis di bidang lain termasuk pengembangan ban, telah membuat MotoGP secara konsisten memecahkan rekor putaran dan balapan musim ini. “Motornya lebih cepat karena kami punya banyak downforce, tapi lengan pengendaranya sama seperti sepuluh tahun lalu,” kata Aleix Espargaro

“Anda mungkin memiliki lebih banyak downforce dan motornya semakin berat, tetapi lengannya sama dan kekuatan ototnya sama." “Saya pikir kita semua lebih bugar dibandingkan sepuluh tahun yang lalu tetapi Anda tidak dapat mengubah bodi… Motornya terlihat seperti mobil Formula 1 dan waktu putarannya sangat cepat.”

Francesco Bagnaia dari Ducati meraih kemenangan di Grand Prix Italia 2024 dengan waktu kemenangan balapan 40m 51,385s, 25,478 detik lebih cepat dari waktu kemenangannya sendiri dari tahun sebelumnya.

Meski Espargaro turun dari posisi keenam di Mugello tahun lalu menjadi kesebelas musim ini, ia masih meningkatkan waktu balapannya sebanyak 17,204 detik. Namun pembalap Spanyol itu mengaku tidak bisa menyelesaikan lap lagi.

“Satu lap lagi dan saya harus mundur, sungguh luar biasa,” kata Espargaro tentang ketegangan di lengannya. Motornya sangat agresif, sangat gugup, dan saya tidak bisa berakselerasi lagi. Saya tidak bisa mengerem. 8 atau 10 lap terakhir saya hanya mengerem dengan satu jari."

“Jelas kami tidak memiliki setting terbaik di sekitar Mugello, tapi saya pikir secara keseluruhan semua orang cukup mirip. Artinya downforce yang kita miliki di kelas MotoGP secara umum terlalu besar untuk tubuh manusia. Terlalu banyak.”

Artikel Tag: Aleix Espargaro, motogp, f1

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru