Sejarah! Albert Batyrgaziev Petinju Profesional Pertama Raih Emas Olimpiade

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 06 Agu 2021, 14:30 WIB
Sejarah! Albert Batyrgaziev Petinju Profesional Pertama Raih Emas Olimpiade

Albert Batyrgaziev Mewakili ROC di Tokyo 2020 via Getty Images

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade Tokyo: Albert Batyrgaziev dari Komite Olimpiade Rusia (ROC) menasbihkan diri sebagai petinju profesional pertama yang memenangkan medali emas Olimpiade, setelah di Olimpiade Tokyo 2020 mengalahkan wakil Amerika Serikat, Duke Ragan di final kelas bulu.

Dalam duel di hari Kamis (5/8) waktu setempat, Batyrgaziev merebut gelar juara lewat kemenangan split decision atas sesama profesional, Ragan, yang kekalahannya memperpanjang paceklik medali emas tinju Olimpiade untuk Amerika Serikat.

Andre Ward, petinju Amerika terakhir yang meraih emas Olimpiade, di kelas berat ringan pada edisi Athena 2004, mengirim pesan motivasi kepada Duke Ragan sebelum pertandingan.

Sayangnya Albert Batyrgaziev terbukti terlalu kuat, lebih tajam di ronde pembuka, dan unggul empat kartu penilaian juri memasuki tiga menit terakhir.

Ragan menyisakan serangan terbaik untuk putaran terakhir, tetapi itu tidak cukup karena Batyrgaziev mampu bertahan untuk memastikan kemenangan tipis 3-2 dan menyumbang emas tinju pertama tim ROC di Tokyo 2020.

"Ini adalah impian saya sejak mulai berlatih tinju ketika saya masih kecil," kata Batyrgaziev, dilansir Inside the Games.

"Ini telah membuat semua kerja keras dan usaha serta disiplin yang saya tunjukkan saat itu sepadan."

"Sudah terbayar, saya bangga dengan rumah (negara) saya."

"Ini layak menjadi rumah bagi juara Olimpiade dan saya akan membawa pulang medali emas kepada warga saya seperti yang saya janjikan kepada mereka."

Mengutip Inside the Games, petinju profesional secara kontroversial diizinkan bertanding di cabang tinju di Rio 2016, namun hanya tiga yang turun dan semuanya tampil buruk.

Lebih dari 40 petinju profesional telah mengikuti kompetisi di Olimpiade Tokyo 2020, yang diselenggarakan oleh International Olympic Committee Boxing Task Force, usai International Boxing Association dicabut pengakuannya karena masalah parah seputar tata kelola, keuangan, dam wasit serta penilaiannya.

Final antara Albert Batyrgaziev dan Duke Ragan adalah laga perebutan medali emas tinju pertama yang diperebutkan oleh dua petinju profesional.

Batyrgaziev, mantan kickboxer, memiliki rekor 3-0 sebagai profesional, sementara hingga saat ini Ragan telah memenangkan keempat pertarungan pro-nya.

Artikel Tag: Albert Batyrgaziev, Duke Ragan, ROC, Tinju, olimpiade tokyo

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/sejarah-albert-batyrgaziev-petinju-profesional-pertama-raih-emas-olimpiade
4938  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini