Perebutan Gelar Tyson Fury-Oleksandr Usyk Akan Digelar pada Februari 2024

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 01 Nov 2023, 07:41 WIB
Tyson Fury (kiri) dan Oleksandr Usyk bertemu di atas ring pasca pertarungan Fury melawan Francis Ngannou. (Foto: Yahoo Sports)

Tyson Fury (kiri) dan Oleksandr Usyk bertemu di atas ring pasca pertarungan Fury melawan Francis Ngannou. (Foto: Yahoo Sports)

Ligaolahraga.com -

Tyson Fury dan Oleksandr Usyk akan bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia kelas berat sejati pada Februari tahun depan di Riyadh, Arab Saudi, kata beberapa sumber kepada ESPN.

Pertarungan Tyson Fury- Oleksandr Usyk awalnya direncanakan pada 23 Desember mendatang sebelum Fury secara tidak terduga harus menang susah-payah menghadapi mantan juara UFC Francis Ngannou pada Sabtu (28/10) lalu di Riyadh.

Tyson Fury (34-0-1, 24 KO) terkena pukulan di dahi dan mata kirinya dalam perjalanannya menuju kemenangan angka "split decision" atas Ngannou, yang baru saja menjalani debut tinju profesionalnya.

Fury, 35 tahun, bahkan sempat dipukul jatuh oleh Ngannou pada ronde ke-3, yang merupakan knockdown ketujuh dalam kariernya yang luar biasa.

Fury dan Usyk menandatangani kontrak untuk pertarungan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk memperebutkan supremasi kelas berat beberapa pekan sebelum "The Gyspy King" melangkah masuk ke dalam ring untuk bertarung melawan Ngannou dalam pertarungan nongelar selama 10 ronde.

Setelah keputusan juri diumumkan, Oleksandr Usyk (21-0, 14 KO) memasuki ring untuk menghadapi Fury dan mengatur laga mereka.

"Tanggal 23 Desember, saya siap bertarung," kata Usyk, yang naik ke atas ring setelah keputusan juri diumumkan. "Ayo kita mulai sekarang jika kamu mau," kata Fury, sang juara kelas berat WBC. "Dia adalah pria yang lebih kecil dari Francis, saya selalu mengatakan bahwa Francis adalah pertarungan yang jauh lebih berbahaya daripada Oleksandr."

Sehari sebelum pertarungan, Usyk memposting di Instagram: "Francis, berhati-hatilah dengan Tyson, saya membutuhkannya di atas ring pada 23 Desember." Namun kini, Usyk harus menunggu dua bulan lagi untuk dapat menghadapi Fury.

Tyson Fury dan Usyk hampir mencapai kesepakatan untuk bertemu pada bulan April lalu di Stadion Wembley, London, sebelum pembicaraan gagal pada detik-detik akhir.

Oleksandr Usyk, 36 tahun, adalah peraih medali emas Olimpiade dan mantan juara kelas penjelajah sejati. Petinju asal Ukraina ini memegang gelar WBA, WBO, dan IBF, yang dimenangkannya dari Anthony Joshua pada 2021. Usyk mempertahankan gelar tersebut dalam pertandingan ulang dengan kemenangan angka atas Joshua pada musim panas lalu di Arab Saudi.

Kini pertarungan melawan Fury akan berlangsung pada tahun 2024. Ini memastikan Usyk akan menjalani satu tahun lagi dengan hanya satu pertarungan. Terakhir kali Usyk bertarung beberapa kali dalam satu tahun adalah pada tahun 2018, saat ia berlaga tiga kali.

Ia terakhir kali bertarung pada bulan Agustus lalu, saat ia mencetak KO pada ronde kesembilan atas Daniel Dubois di Polandia.

Oleksandr Usyk adalah petinju kelas berat No.2 di ESPN dan petinju No.3 dalam hal pound-for-pound. Fury memasuki pertarungan dengan peringkat No.1 di kelas berat dan No.6 pound-for-pound.

Tyson Fury yang berasal dari Inggris bertanding dua kali tahun lalu, keduanya kemenangan TKO di stadion sepak bola di London (pada bulan April melawan Dilian Whyte dan Desember melawan Derek Chisora).

Ini akan menjadi duel perebutan gelar kedua bagi Fury. Ia mengalahkan petinju Ukraina lainnya, Wladimir Klitschko, pada 2015 untuk meraih tiga gelar kelas berat melalui keputusan juri dalam sebuah pertarungan yang menegangkan.

Fury tidak pernah mempertahankan gelar-gelar tersebut dan malah tidak naik ring selama dua setengah tahun karena depresi dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Berat badannya mencapai 200-an kg lebih selama itu.

Setelah Fury kembali dari masa rehatnya, ia mengukuhkan dirinya sebagai salah satu bintang tinju papan atas dengan duel trilogi perebutan gelar juara kelas berat melawan Deontay Wilder, yang dihentikannya dua kali setelah hasil imbang di pertemuan pertama.

Pertarungan ketiga Fury dengan Wilder adalah Pertarungan Terbaik Tahun 2021 dan KO Terbaik Tahun Ini versi ESPN.

Kesepakatan Tyson Fury-Oleksandr Usyk berisi klausul pertandingan ulang dua arah, yang secara virtual memastikan dua pertarungan beruntun antara keduanya dengan bayaran 10-an juta dolar.

Artikel Tag: Tyson Fury, oleksandr usyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/perebutan-gelar-tyson-fury-oleksandr-usyk-akan-digelar-pada-februari-2024
917  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini