Kenshiro Teraji Akan Lepas Sabuk 108 Pound, Akan Naik Ke Kelas Terbang

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 09 Jun 2024, 06:24 WIB
Kenshiro Teraji menikmati dua gelar juara WBC kelas 108 pound secara terpisah. (Foto: The Ring)

Kenshiro Teraji menikmati dua gelar juara WBC kelas 108 pound secara terpisah. (Foto: The Ring)

Ligaolahraga.com -

Kenshiro Teraji akan mengakhiri masa-masa panjangnya sebagai juara dunia The Ring dan juara kelas terbang junior. Berikutnya adalah naik ke kelas terbang, di mana ia berencana untuk menantang gelar WBC.

Presiden WBC, Mauricio Sulaiman, telah mengkonfirmasi kepada para wartawan pada awal pekan ini mengenai rencana Teraji tersebut. Langkah ini akan membuat gelar juara dunia kelas terbang 108 pound milik badan tinju dunia itu akan diperebutkan.

Sulaiman tidak mengkonfirmasi rencana untuk mengisi kekosongan tersebut. Belum ada nama lawan yang disebutkan untuk menghadapi Kenshiro Teraji untuk sabuk kelas terbang yang baru saja dilepaskan oleh Julio Cesar Martinez.

Kenshiro Teraji (23-1, 14 KO) menikmati dua gelar juara WBC kelas terbang 108 pound secara terpisah. Petinju berusia 32 tahun asal Kyoto, Jepang ini menjadi juara The Ring dan juara WBC/WBA pada bulan November 2022 setelah menang KO pada ronde ketujuh atas rekan senegaranya, Hiroto Kyoguchi, yang tak terkalahkan.

Kemenangan ini menandai pertahanan pertama dari gelar keduanya setelah ia merebut kembali sabuknya pada awal tahun itu. Teraji menderita kekalahan KO pada ronde kesebelas dari Masamichi Yabuki dalam laga luar biasa pada bulan September 2021. Laga ini sempat tertunda selama dua minggu saat Teraji dinyatakan positif mengidap Covid.

Versi jauh lebih sehat dari petarung penuh aksi ini mengalahkan Yabuki dalam tiga ronde dalam laga ulang mereka pada bulan Maret 2022. Tiga pertahanan telah terjadi, termasuk kemenangan angka tipis atas Carlos Canizales pada 23 Januari di Osaka. Pertarungan 12 ronde mereka menjadi salah satu penantang untuk Pertarungan Terbaik Tahun 2023.

Beberapa laga terakhir bagi Kenshiro Teraji semuanya diwarnai dengan perjuangan untuk menambah berat badan. Ia belum pernah meleset dari angka 108 pound, namun ia sering mengatakan bahwa ia hanya akan bertahan jika ia dapat lebih menyatukan berat badannya.

Teraji berada dalam jalur untuk penyatuan tiga sabuk musim semi lalu. Rencana memperebutkan gelar WBO pada 8 April lalu hancur saat pemegang gelar Jonathan Gonzalez jatuh sakit. Teraji kemudian menghadapi Anthony Olascuaga, yang berhasil ia hentikan pada ronde kesembilan.

Olascuaga turun dari kelas terbang untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Ia selanjutnya akan menghadapi Riku Kano untuk memperebutkan gelar lowong WBO kelas 112 pound pada 20 Juli di Tokyo.

Angel Ayala adalah penantang nomor satu WBC saat ini. Namun, penantang kelas terbang No. 6 di peringkat The Ring ini akan menghadapi Dave Apolinario pada musim panas ini untuk memperebutkan sabuk IBF yang masih lowong.

Hal ini membuat mantan pemegang gelar Francisco 'Chihuas' Rodriguez Jr. dan Cristofer Rosales menjadi kandidat untuk menghadapi Teraji.

Rodriguez dari Meksiko (38-6-1, 26 KO), mantan pemegang gelar kelas jerami, terutama berkampanye di kelas bantam junior.

Rosales dari Nikaragua (36-7, 22 KO) sebelumnya memegang gelar IBF kelas menengah 108 pound. Ia telah memenangkan lima kemenangan beruntun sejak kekalahan yang meragukan dari Ayala dalam perebutan gelar IBF pada bulan April 2022.

Kenshiro Teraji memenangkan gelar pertamanya hanya dalam pertarungan profesionalnya yang kesepuluh. Ia memiliki rekor 14-1 (9 KO) dalam pertandingan yang mempertaruhkan setidaknya satu sabuk juara.

Artikel Tag: Kenshiro Teraji

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/kenshiro-teraji-akan-lepas-sabuk-108-pound-akan-naik-ke-kelas-terbang
138  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini