Callum Smith: Canelo Pantas Disebut Raja di Kelas Menengah

Penulis: Senja Hanan
Jumat 29 Jan 2021, 21:38 WIB
Callum Smith saat adu jotos dengan Saul Alvarez. (Images: Getty)

Callum Smith saat adu jotos dengan Saul Alvarez. (Images: Getty)

Berita Tinju: Petinju kelas menengah Callum Smith tak segan memberikan pujian kepada Saul Alvarez. Dia mengatakan bahwa petinju yang akrab disapa Canelo itu tidak punya lawan di kelas ini.

Dia bukan tanpa alasan mengatakan itu. Menurut petarung asal Inggris tersebut, satu-satunya situasi yang memungkinkan Canelo bakal kalah adalah jika superstar asal Meksiko tersebut menaikkan kelasnya menghadapi petarung yang lebih besar.

“Saya tidak merasa ada yang bisa mengalahkan dia. Dia mungkin hanya bisa kalah jika dia menaikkan (kelas) berat badannya tetapi dia harus berhenti untuk hal itu,” ucap Callum Smith, sebagaimana dipetik dari Boxing Scene.

“Pertahanannya terlalu bagus. Dia jelas bisa memukul tetapi kekuatannya tidak konyol.”

Menghadapi Canelo, Smith harus kehilangan gelarnya dalam laga 12 ronde. Smith, 30 tahun, mengatakan bahwa sulit untuk bisa memukul Canelo dengan pukulan bersih karena juara multigelar tersebut sangat baik dari sisi pertahanan.

“Aset terbaiknya adalah posisi dan pertahanannya. Dia sulit untuk bisa dipukul bersih. Ketika saya melepaskan (pukulan) dia mengendalikannya, membuat saya meleset. Anda tidak berhasil jadi Anda berhenti memukul. Dia menyingkirkan hal di mana Anda unggul,” ucap Smith.

“Dia sangat cerdas dalam urusan jab. Dia membuat Anda menunduk. Melawan petinju lain, Anda bakal melepaskan jab. Tetapi dia ingin Anda melepaskan jab karena dia adalah pemukul-balik.

“Jadi, Anda tidak melepaskan banyak jab dan sementara Anda menunggu, dia mempersempit ruang tanpa melepaskan apapun. Dan kemudian dia melakukan jab dan memukul Anda. Anda berpikir, ‘bagaimana itu bisa kena?’ Dia terus membuat Anda bertanya-tanya. Anda jadi ragu.”

Canelo sendiri tampaknya bersiap untuk mencari tantangan baru dengan menaikkan level berat badannya. Spekulasi lain yang berkembang di antaranya adalah pertarungan ketiga menghadapi juara dunia kelas menengah IBF dan IBO asal Kazakhstan, Gennady Golovkin.

Namun demikian, Canelo sudah memiliki jadwal tanding terbaru. Bertempat di Stadion Hard Rock di Florida, AS, 27 Februari nanti, Canelo akan mempertahankan gelar kelas menengah super WBA dan WBC menghadapi petarung asal Turki, Avni Yildirim.

Artikel Tag: callum smith, Saul Alvarez

3547  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini